Bingung Pilih Motor 2 Silinder Atau 4 Silinder, Yuk Cari Tau Perbedaannya – Mungkin belum banyak yang tau tentang istilah mesin 2 tak dan 4 tak. Namun, untuk para pengguna kendaraan roda dua, Anda wajib tau apa perbedaan mesin 2 tak dan 4 tak, apa kelebihan dan kekurangannya agar lebih mudah memahami keadaan motor ketika digunakan.

Perbedaan utamanya ada pada sistem kerja piston. Motor dengan mesin 2 tak, siklus pembakaran yang terjadi di dalam mesin dilakukan dalam dua langkah piston. Sementara itu, mesin 4 tak, membutuhkan 4 langkah piston untuk setiap siklus pembakaran yang terjadi di dalamnya. 

Merupakan motor 250 cc dengan 4 silinder terbaik yang beredar di Indonesia. Lalu dengan kemampuan mesin yang setara, apa perbedaan antara 1 silinder 2 silinder dan 4 silinder? Mana yang lebih baik?

 Pada kenyataannya, setiap jenis mesin memiliki karakteristiknya masing-masing, sehingga mesin dengan beberapa silinder dibandingkan dengan mesin dengan banyak silinder memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

BACA JUGA : Sejarah Penemuan Motor Listrik


Perbedaan utama bisa dilihat dari diameter pistonnya, mesin dengan beberapa silinder memang memiliki volume per silinder yang lebih besar dibandingkan dengan mesin yang memiliki banyak silinder.

secara mekanis diameter piston mesin dengan silinder agak besar. Lalu apa dampak dari perbedaan panjang piston ini?

Piston yang lebih kecil lebih ringan sehingga lebih mudah mencapai RPM tinggi, sedangkan dibandingkan dengan piston yang lebih berat.


Ini membuat kecepatan puncak mesin empat silinder lebih baik dibandingkan dengan mesin satu silinder atau satu silinder.

class="wp-block-heading">Perbedaan Motor Mesin 2 Tak dan 4 Tak

1. jumlah komponen perangkat
aditif pada mesin 2-tak lebih sedikit dari mesin 4-tak karena tidak ada katup masuk atau keluar dan camshafts.

2. Penggunaan Minyak
Mesin 4 tak hanya membutuhkan satu jenis oli, sedangkan mesin 2 tak membutuhkan oli samping, sehingga membutuhkan lebih dari satu jenis oli. Motor 2 tidak membutuhkan oli mitra sebagai pelumas untuk aditif mesin bersama dengan perhiasan piston, poros engkol, piston, dan bantalan poros engkol.

3. Hasil pembakaran di dalam Muffler
Perbedaan antara mesin 2 tak dan 4 tak adalah hasil pembakaran di dalam knalpot. karena membutuhkan pelumas, knalpot mesin 2 tak mengeluarkan asap ekstra. sementara itu, mesin empat langkah lebih menyenangkan asap dan bahkan tidak mengeluarkan asap di knalpot. Jika mesin empat langkah mengeluarkan asap di knalpotnya, Anda dapat memastikan bahwa mesin tersebut mengalami masalah atau bahkan kerusakan.

4. variasi Langkah Piston
perbedaan selanjutnya ada pada langkah piston. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada mesin 2 langkah pembakaran yang terjadi pada mesin paling sederhana adalah piston 2 langkah. namun pada sepeda motor dengan mesin empat langkah, dibutuhkan empat langkah pembakaran di setiap pistonnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *