Airbet
Bus Kaca Tunggal

Bus Kaca Tunggal Kembali Laku Keras, Kenapa? – Karoseri Morodadi Prima belakangan ini baru saja merilis satu varian terbaru dari bodi Patriot, yaitu model single glass alias kaca tunggal.

Modal ini saat ini memang bisa dibilang keluar dari tren, karena beberapa bus yang beredar saat ini biasanya memilih double glass atau kaca ganda,

Namun, dengan adanya model single glass ini kembali membuat dunia bus besar semakin ramai. Walaupun kelihatan dan terbilang ketinggalan zaman, namun model bus kaca tunggal juga masih banyak disukai.

Terutama bagi para penumpang yang suka melihat jalan ke depan saat mereka menaiki bus. Jika memesan bus di Morodari Prima, customer nantinya akan diberikan pilihan ingin model single glass atau double glass.

Lalu dengan pilihan itu, apakah biaya membuat bodi single glass lebih murah dibandingkan dengan double glass?

Marketing Karoseri Morodadi Prima, Donny Cahyadi menyatakan bahwa bodi bus kaca tunggal memang lebih murah, namun hal ini terpaut perbedaannya tak terlalu besar dengan model kaca berganda.

“Lebih murah sedikit single glass. Karena untuk bagian interior tidak ada perbedaan dengan yang varian double glass,” ucap Donny beberapa waktu lalu.

Selain Karoseri Morodadi Prima, ada pula Karoseri Laksana dan Tentrem yang belum lama ini juga merilis varian single glass.

Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto juga mengatakan bahwa pembuatan bodu single glass memang lebih murah. “Karena faktor produksi kacanya, membuat bodi bus double glass lebih mahal sedikit,” ucap Werry.

Model bus double glass menggunakan dua kaca di depan, untuk bagian atas dan bawah. Sedangkan single glass hanya menggunakan satu kaca berukuran besar.

Memang ada kelebihan tersendiri dari masing – masing model yang ada. Single glass juga sangat nyaman untuk penumpang yang senang melihat jalan ke depan.

Hal ini dikarenakan pandangan ke depan yang tidak terhalang sekat. Namun, jika kaca depan retak, maka biaya perbaikannya bisa lebih mahal karena harus mengganti semuanya.

Sedangkan untuk double glass, biaya perbaikan kaca yang retak bisa lebih murah. Karena, jika kaca bawah saja yang retak, maka tak perlu ikut mengganti kaca atas yang kondisinya masih baik.

Bisa dibilang, ini merupakan keinginan pecinta bus yang tak ingin pandangan dari kabin terhalang sekat horizontal antara kaca atas dan bawah.

Karoseri pertama yang kembali membuat bus dengan single glass yaitu Tentrem dengan bodi Avante H7X. Model ini merupakan gabungan dari Avante H series dengan bodi Scorpion X yang juga dibuat oleh Tentrem.

Perbedaan dengan Avante biasa, H7X menggunakan kaca depan single glass dan model kaca samping mengambil bagian dari Scorpion X.

Kemudian untuk dimensinya sama dengan H7 biasa, dengan tinggi 3,7 meter. Sales Staff karoseri Tentrem, Dimas Raditya mengatakan, pemesan bus memungkinkan untuk memesan kaca depan bus model single glass, jadi tidak harus mengikuti tren dengan memakai double glass.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *