Airbet
Cara Membersihkan Rem Mobil

Kalian mungkin pernah mengalami rem mobil yang berdecit saat pedal rem diinjak. Hal ini mungkin terjadi karena bagian pengereman kotor dan debu serta residunya menumpuk di disk braker dan caliper.

Untuk menghilangkannya, kalian hanya perlu membersihkan bagian tersebut. tentu saja untuk melakukan perawatan sistem pengereman sebaiknya kalian membawa kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel yang sudah dipercaya.

Sistem pengereman memang merupakan salah satu faktor keselamatan dalam mengemudikan sebuah kendaraan. Apapun itu.

Jangan pernah remehkan rem mobil! Memang, untuk merawat sendiri butuh waktu dan peralatan yang komplet.

Karena, paling tidak harus punya kompresor untuk mengusir debu yang bisa membuat kinerja pengurang laju jadi berkurang. Juga tidak baik untuk kesehatan akan akan terisap dan menyebabkan polusi.

Sebaliknya, jika dibiarkan, selain daya rem berkurang akan menimbulkan suara berdecit. Ini tandanya, kondisi rem mulai kotor.

Nah, untuk membersihkannya tak perlu harus sampai melepas kampas rem, cukup sediakan cairan khusus rem (brake cleaner). Banyak dijual di toko aftermarket dan harga masih terjangkau sekitar Rp 45.000 an saja.

Untuk menjaga rem tetap berfungsi dengan baik, ada kalanya sebagai pemilik kendaraan hal ini dijadikan sebagai perhatian khusus.

Apalagi dalam hal perawatan. Dan salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan komponen tersebut.

Terlebih lagi di bulan Ramadhan ini, di mana kalian mungkin bosan sambil menunggu waktu berbuka puasa sambil ngabuburit.

Nah, untuk kalian yang mungkin belum paham bagaimana cara untuk merawat rem mobil kalian, di bawah ini kami akan berikan caranya.

Cara Membersihkan Rem Mobil Agar Tetap Berfungsi Dengan Baik

Membersihkannya ternyata tidak repot. Hanya ada beberapa peralatan saja yang harus dipersiapkan untuk bisa mengangkat mobil, lalu melepaskan ban dari mobil tersebut.

Alat yang dipersiapkan antara lain adalah dongkrak, kunci roda, serta cairan brake cleaner. Yup, hanya 3 itu saja.

Untuk membersihkan bagian pengereman mobil, tentu saja kalian terlebih dulu harus membongkar ban mobil kalian.

Kalian tak perlu langsung membongkar keempat roda, kalian bisa melakukannya satu per satu di setiap roda. Setelah ban terlepas, bongkar sistem pengereman roda.

Bongkar juga bagian disk brake dengan kalipernya. Jika mobil kalian masih menggunakan tromol rem, buka tutup tromol dengan cara diketok menggunakan palu sedikit demi sedikit.

Biasanya, untuk beberapa model mobil rem cakram hanya ditempatkan di bagian depan saja. Sehingga memudahkan dalam membersihkan rem cakram hal pertama yang harus dilakukan adalah mendongkrak bagian depannya.

Namun ingatlah, sebelum mendongkrak mobil, baut pada pelek harus dikendurkan terlebih dulu, hal ini dilakukan agar saat ban terangkat, baut roda sudah bisa diputar dengan mudah menggunakan tangan.

Setelah baut – baut roda dilepas dan bagian pengereman terlihat, maka roda akan sangat mudah untuk dilepaskan dan rem mobil siap untuk dibersihkan.

Untuk membersihkan rem cakram, cairan yang diperlukan adalah brake cleaner dan sebaiknya jangan menggunakan cairan lainnya. cairan ini bisa kalian pilih merknya sesuai dengan selera kalian. Karena sifat cairan ini sama, yaitu merontokkan debu dan kotoran dari sistem rem mobil.

Cairan brake cleaner ini bisa membantu kalian untuk mengangkat kotoran yang ada di permukaan rem cakram. Semprotkan ke permukaan disk brake dan kaliper, untuk tromol rem, semprotkan ke permukaan tromol dan tutup tromol.

Beri jarak semprotan sekitar 10-15 cm. Kemudian lap pakai lap bersih dan kering. Pastikan debu dan kotoran menempel pada lap. Jika dirasa masih kurang bersih, ulangi sampai sistem pengereman benar-benar bersih.

Selain itu, kadang kala dari cairan tersebut juga bisa membersihkan dari karat yang ada di sekeliling tepian rem cakram. Setelah semuanya disemprot, biasanya kotoran yang ada di permukaan nantinya akan rontok dengan cairan tersebut.

Bukan hanya itu, untuk memberikan hasil yang maksimal, hal ini bisa dilakukan secara periodic dengan mendiri. Dan juga, sebaiknya kalian melakukan pembersihan rem ini dengan penghitungan dua atau tiga bulan sekali.

Atau setidaknya, jika mobil sudah menempuh jarak 10.000 kilometer. Perlu diperhatikan juga dalam hal kebersihannya agar tetap memberikan hasil yang maksimal.

Setelah pembersihan sudah terasa cukup, pasang kembali disk brake dengan caliper. Lalu, kalian bia menutup tromol pada tempatnya.

Lalu saat mobil masih dalam keadaan berhenti, coba cek dengan menekan pedal rem berkali – kali. Kemudian, lanjutkan dengan tes jalan, apakah masih ada gejala rem berdecit atau tidak.

Setelah paham cara untuk membersihkan rem mobil sendiri, maka kalian bisa melakukan perawatan sistem pengereman secara berkala tanpa harus sering – sering pergi ke bengkel.

Itulah bagaimana cara untuk memberihkan rem mobil kalian secara berkala dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *