Airbet
cara memperbaiki body mobil penyok

Ampuh! Tips Cara Memperbaiki Body Mobil yang Penyok – Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari bodi mobil yang penyok, baik itu terbentur suatu benda, kurang hati-hati saat parkir, tertimpa benda dari atas dan masih banyak lainnya. Bodi mobil ini sendiri merupakan sebuah tampilan yang akan memperlihatkan kesan keindahan da keeleganan mobil saat tengah dikendarai. Dengan kondisi body mobil yang rusak dan penyok, pastinya akan membuat tampilan mobil kalian tidak menarik dipandang lagi.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa membawanya ke bengkel, tetapi hal ini pastinya membutuhkan pengeluaran biaya yang cukup besar. Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa cara tips memperbaiki body mobil penyok. Langsung saja simak lengkapnya berikut di bawah ini!

Cara Mutakhir Memperbaiki Body Mobil Penyok

1. Air Panas

Air Panas

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu cara yang bisa kalian andalkan untuk mengatasi bodi mobil yang penyok. Cara memperbaiki bodi mobil penyok dengan menggunakan air panas, antara lain:

  • Terlebih dahulu menyiapkan air panas yang digunakan untuk memanaskan bodi mobil;
  • Siramkan sedikit demi sedikit air panas ke bagian bodi mobil yang mengalami penyok, untuk wadah air bisa menggunakan teko atau ceret air;
  • Memberikan tekanan ke bagian mobil yang mengalami kerusakan atau penyok dengan menggunakan kain. Hal ini dilakukan hingga kembali ke bentuk yang sebelumnya. Dan pastikan untuk tidak melakukannya terlalu keras, karena akan membuat bodi mobil kalian lebih penyok atau bahkan pecah;
  • Lakukan langkah ini hingga beberapa kali sampai memperoleh hasil yang maksimal.

Cara perbaiki body mobil penyok dengan menggunakan air panas ini merupakan salah satu tips yang sudah sangat populer dan dikenal oleh masyarakat umum. Hal ini juga bisa dilakukan walau bagian bumper mobil kalian memiliki sensor parkir belakang. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk jenis bumper yang menggunakan bahan plastik ataupun serat karbon, sehingga kalian bisa menyiramnya dengan menggunakan air panas yang bisa memudahkan kalian untuk menarik ke luar bagian mobil yang sebelumnya penyok.

2. Es Batu, Hair Dryer, dan Kompresor Angin

Es Batu, Hair Dryer, dan Kompresor Angin

Selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu, pengering rambut (hair dryer), dan kompresor angin. Dimana ketiga bagan ini bisa kalian andalkan untuk mengembalikan bodi mobil kalian yang penyok menjadi kembali ke bentuk semula. Langkah-langkah yang bisa kalian lakukan adalah dengan berikut ini:

  • Menyiapkan bahan yang kalian perlukan;
  • Kalian hanya perlu menempelkan es batu pada bagian mobil kalian yang tengah mengalami penyok dan biarkan kurang lebih selama 2 menit;
  • Tunggu sampai membentuk butiran salju yang keluar dan akan mengitari bagian mobil yang penyok;
  • Setelah itu lepaskan es batu dengan menggunakan hair dryer sampai bagian mobil kalian yang penyok mulai hilang;

Langkah satu ini sangatlah mudah untuk kalian coba lakukan. Bahkan, cara ini juga bisa kalian lakukan dalam kondisi mobil kalian yang tengah mengalami kondisi rusak parah.

3. Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Tahukah kalian jika pengering rambut atau hair dryer dan bantuan cairan karbondioksida bisa kalian manfaatkan untuk mengatasi body mobil penyok? Cara mengatasi body mobil penyok ini adalah dengan berikut ini:

  • Menyiapkan terlebih dahulu pengering rambut dan sebotol cairan karbondioksida cair;
  • Menyalakan hair dryer, lalu arahkan udara panas ke bodi mobil yang mengalami penyok;
  • Setelah itu, lakukan hal ini secara terus menerus, sampat terasa cukup panas;
  • Memanaskan area ini akan berbeda dari setiap kondisi penyok yang ada pada bodi mobil kalian. Untuk bagian penyok yang besar biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit lamanya;
  • Lakukan semprotan karbondioksida cair pada bagian yang telah dipanaskan, lalu tekan kembali sampai kembali lagi ke bentuk asalnya.

Langkah ini memanfaatkan perubahan suhu dari panas menjadi dingin secara tiba-tiba. Dimana bodi mobil ini akan tertarik akibat adanya hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis di dalam waktu yang singkat. Hair dryer ini mampu meningkatkan suhu secara drastis dan cairan karbondioksida yang mempu menurunkannya secara sepat sekitar -1090 celcius.

Dengan adanya perubahan suhu yang drastis ini bisa mengembalikan bodi mobil kalian yang penyok menjadi rata dan kembali ke bentuk asal. Hanya saja, cara ini dapat digunakan untuk memperbaiki mobil penyok dengan ukuran kecil dalam skala besar yang terdapat bagian hancur.

4. Pops A Dent

Pops A Dent

Cara memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan cara memanaskan biasanya akan merusak mobil bahkan bisa mengakibatkan karat pada bodi mobil kalian. Tidak hanya itu saja, bahkan hal ini juga bisa mengakibatkan warna cat yang berbeda. alat untuk memperbaiki body mobil penyok ini bisa kalian gunakan produk khusus yang bernama Pops A Dent yang berbentuk seperti jembatan. Cara ini berfungsi mendistribusikan tekanan yang merata dan menghindari resiko adanya tambahan kerusakan pada mobil kalian. Adapun cara menggunakan Pops A Dent, seperti berikut ini:

  • Memilih pad lem yang sesuai dengan ukuran penyok pada mobil kalian;
  • Panaskan glue stick setidaknya 5 menit saja, jangan lakukan secara berlebihan;
  • Membiarkan lem mengering paling tidak 3-5 menit. Pastikan lem besar-benar lengket dan jangan biarkan lem kalian tertempel di kendaraan lebih dari 8 menit. Jika hasilnya belum sesuai dengan apa yang diharapkan, kalian bisa mengulangi kembali proses-nya.

Keunggulan dari produk ini adalah sangat mudah dan hanya merekatkan serta memutar saja. Tidak pula merusak cat pada bodi mobil kalian. Bisa kalian gunakan juga di semua jenis penyok yang terjadi pada kendaraan kalian. Hal ini akan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan membawanya ke bengkel. Bodi mobil kalian bisa kembali seperti semula.

Dan untuk hasilnya juga tergantung pada ukuran dan lokasi kerusakan mobil kalian. Alat ini juga hanya bisa digunakan pada mobil yang masih memiliki cat bodi mobil asli dari pabrik. Jika kalian gunakan pada kendaraan yang telah terkelupas cat-nya, maka bisa menyebabkan semakin besar bagian cat yang akan terkelupas.

Nah itu dia 4 cara mengatasi body mobil penyok yang mutakhir. Semoga dengan cara diatas ini bisa membantu mengembalikan bodi mobil kalian seperti semula. Ikuti tips perawatan dunia otomotif lainnya, hanya di Otomotifcom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *