Cara Merawat Aki Mobil

Tips Ampuh Merawat Aki Mobil Agar Tahan Lama

Cara Merawat Aki Mobil – Aki Mobil adalah salah satu komponen terpenting dalam sebuah mobil yang berperan dalam menyuplai daya listrik ke semua komponen mobil lainnya. Jika aki pada mobil kita tekor dan tidak berfungsi dengan baik, maka kenyamanan pengendara dan pengguna mobil akan sangat terganggu.

Maka apa yang harus dilakukan pengguna mobil agar kondisi aki mobil tetap prima dan baik? Simak beberapa tips cara merawat aki mobil, berikut ini.

Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Aki Mobil

1. Bersihkan Aki Secara Berkala

Tips termudah untuk menjaga kondisi aki dengan membersihkan aki secara berkala. Bagian terminal aki merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan lebih karena bagian ini tertutup oleh debu dan kotoran. Kotoran dan debu akan menghambat hantaran listrik dari aki ke komponen lainnya.

Oleh sebab itu, kondisi terminal aki harus dipastikan bersih agar tidak menghambat hantaran listrik aki. Caranya membersihkan terminal aki adalah dengan menggunakan sikat kawat atau sikat plastik.

2. Mengecek Listrik Dalam Aki

Lakukan pengecekan kondisi listrik dalam aki menggunakan alat khusus bernama battery load tester. Jika mobil kalian mulai sulit dinyalakan, kemungkinan cadangan listrik aki dalam mobil sudah menipis. Maka dari itu, pentingnya menjaga suplai listrik di dalam aki.

Jika aki sudah menipis, segera isi ulang cadangan listrik mobil kalian dengan menggunakan charging aki. Charge untuk aki mobil bisa kalian dapatkan di tempat aksesoris mobil ataupun toko online.

3. Panaskan Mobil Secara Berkala

Cara terbaik dalam merawat kesehatan aki mobil adalah dengan memanaskan mobil. Apa fungsinya memanaskan mesin mobil? Hal ini akan memberikan dampak pada kondisi aki, agar aki pada mobil tidak mudah cepat tekor.

Oleh sebab itu, lakukan pemanasan mesin mobil secara berkala selama 5 hingga 10 menit.

4. Pengecekan Penggunaan Aki

Pengguna harus memperhatikan beban penggunaan aki mobil secara berkala dan rutin, pengecekan ini berfungsi agar pengguna bisa mengetahui kondisi aki secara tepat. Pengecekan aki bisa dipercayakan kepada bengkel resmi mobil kalian.

5. Amati Pengisian Aki

Jika energi aki pada mobil kalian cepat habis, berarti ada kesalahan dengan kondisi sistem pengisiannya. Karena energi aki mobil akan terisi secara otomatis ketika mobil menyala. Penambahan aksesoris akan mengakibatkan penggunaan energi lebih besar daripada energi yang du supply.

Kalian bisa mengecek pengisian dengan mengamati indikator baterai pada dashboard mobil. Hindari menyalakan pendingin AC dalam keadaan kondisi mesin mati, tetapi posisi kunci di kotak On. Hal ini akan membuat aki mobil cepat tekor dan rusak.

Itu dia saran tips dari kami, semoga membantu para pengguna mobil dalam merawat aki mobil kesayangan kalian. Lakukan secara rutin dan berkala untuk memastikan kondisi aki dalam keadaan baik, saran kami kalian juga harus rutin service bulanan ke bengkel resmi untuk pengecekan kondisi mobil. Fungsinya agar terjamin kondisi mobil kalian tetap baik dan aki mobil kalian tetap sehat. Itu saran dari kami, simak tips otomotif lainnya di website kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

cara jumper aki mobil

4 Cara Jumper Aki Mobil Paling Ampuh

Pernahkan Anda mengalami kejadian tidak mengenakkan perihal mobil? Seperti misalnya mobil yang tidak bisa distater saat hendak dinyalakan? Hal ini mungkin dikarenakan oleh aki mobil Anda yang sudah soak atau bahkan sudah habis umur pemakaiannya. Hal yang bisa dilakukan untuk masa – masa genting seperti ini adalah dengan cara jumper aki mobil. Namun bagaimana caranya? […]

Tips Mutakhir 7 Cara Menghilangkan Karat di Knalpot!

Knalpot merupakan suatu komponen motor yang paling sering mengalami karat pada kendaraan motor. Karat pada knalpot motor pastinya akan menjadi suatu masalah untuk pengguna motor, karena dapat menimbulkan tampilan motor menjadi jelek dan usang, serta dapat mempengaruhi performa-nya juga. Knalpot sering mengalami karat pada kendaraan adalah karena seringnya terendam oleh air, sering berada dalam kondisi […]