ganti oli

Waktu Terbaik Untuk Melakukan Pergantian Oli Pada Mobil

Waktu Tepat Ganti Oli Mobil – Ada banyak sekali orang yang masih bingung tentang Penggantian Oli Mobil, ada yang bilang diganti sesuai jarak KM mobil namun Tidak jarang juga orang  yang mengatakan bahwa oli harus diganti tiap 6 bulan sekali.

Untuk Oli tidak bisa kita anggap remeh, karena oli adalah komponen penting bagi sebuah mobil, dan seiring berjalannya waktu kualitas oli juga menurun, jadi jika oli yang kita gunakan kualitasnya sudah buruk otomatis mempengaruhi mesin mobil.

Tips Ganti Oli Mobil Yang Benar Agar Mesin Mobil Awet

Penggantian Oli pada Kendaraan Baru

Banyak yang suka bertanya setiap berapa km ganti oli mobil itu diperlukan? Nah, bagi kalian yang membeli mobil keluaran terbaru, biasanya kalian dianjurkan untuk mengganti oli ketika odometer telah memperlihatkan angka 1.000 kilometer.

Bukan Cuma itu, terkadang jika odometer telah mencapai 2.500 kilometer, kalian akan disuruh kembali ke bengkel untuk di ganti olinya lagi.

Pada saat itu biaya dari servis mobil memang tidak akan dibebankan kepada pemilik mobil, makanya mereka masih bersemangat pergi ke bengkel. Setelah masa gratisan habis biasanya pemilik mobil sudah tidak peduli lagi untuk pergi ke bengkel.

Sesuaikan Buku Manual

Buku biasanya akan diberikan saat kalian membeli mobil baru, Nah Untuk mengetahui waktu ganti Oli Mobil yang tepat, bacalah buku tersebut Biasanya, waktu yang dianjurkan untuk mengganti oli dibuku manual sebesar 10 ribu kilometer.

Akan tapi, banyak bengkel yang memberikan rekomendasi untuk ganti oli tiap 5 ribu kilometer karena kondisi jalanan yang dianggap tak normal, seperti kondisi kemacetan di Jakarta. Dalam kondisi macet, jarak tempuh mobil menjadi betul-betul kecil walaupun mesin terus berputar yang tentunya mengurangi “umur” oli.

Lalu sebenarnya setiap kapan ganti oli mobil itu harus dilakukan? Gunakan tanggal dan kilometer pada catatan servis sebagai patokan. Jika tanggal waktu servis telah tercapai, walaupun kilometer belum 10 ribu, ada baiknya Anda melakukan penggantian oli mobil.

cara ganti oli mobil dengan benar

Viskositas/Kekentalan Oli

Kekentalan oli yang Anda gunakan untuk mobil ternyata juga menentukan kapan waktu yang tepat untuk mengganti Oli, Metode ini bisa diperhatikan dari angka pada kode Society of Automotive Engineering (SAE) yang tertera pada kemasannya.

Angka dari kode SAE ini merujuk pada tingkat kekentalan oli yang kalian gunakan. Jika oli memiliki kode 20W-50, itu berarti oli tak terlalu kental, maka itu, Anda patut mengganti oli pada kilometer 3 – 5 ribu tergantung kondisinya. Sementara itu sekiranya kode SAE-nya memperlihatkan 10W-40, maka penggantian bisa dilakukan pada bentang 7.500 sampai 10 ribu kilometer.

Ganti Juga Filter Oli

Selain ganti oli mesin mobil, kamu juga perlu untuk mengganti filter oli kendaraan kamu. Karena pengaruh dari oli mobil rupanya bisa mengalami penurunan dampak lupa mengganti saringan oli. Kotoran yang mengendap pada saringan akan menumpuk dan menyebabkan oli tidak bisa bersikulasi dengan baik.

Anda biasanya akan dianjurkan untuk mengganti saringan setelah dua kali mengganti oli.

Ada juga yang berpendapat, Jika mobil digunakan hampir tiap hari dan jarak yang dicapai lebih dari 20 kilometer, waktu terbaik untuk menggantinya yaitu 8 bulan sekali.

cara ganti oli mobil dengan aman

Cek Pengaruh Oli

Tidak jarang catatan servis terakhir hilang atau lupa kapan terakhir mengganti oli. Bagi pembeli mobil second, kadang mobil yang dibeli tak memiliki catatan servis, lalu bagaimana caranya mengetahui apakah perlu kapan waktu yang tepat mengganti oli?

Untuk memastikannya kalian bisa cek pada warna oli, jika telah terjadi perubahan warna kalian bisa mengganti oli tersebut dengan yang baru.

Jika saat kalian mengecek oli lalu melihat warnanya hitam pekat dan berbau tidak enak, itu tandanya oli sudah tidak layak digunakan lagi karena telah menempuh jarak yang jauh.

selain itu, Jika Anda melihat oli berubah menjadi warna putih susu dengan kekentalan yang cukup pekat, itu berarti cairan oli telah terkontaminasi oleh air. Perubahan warna oli ini terjadi karena ada mesin yang rusak.

Nah, itulah informasi seputar ganti oli mobil dari kami, semoga informasi diatas daapat bermanfaat bagi kalian semua. Pastikan kalian mengganti oli kalian dengan benar ya agar mesin kendaraan kalian menjadi awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

cara jumper aki mobil

4 Cara Jumper Aki Mobil Paling Ampuh

Pernahkan Anda mengalami kejadian tidak mengenakkan perihal mobil? Seperti misalnya mobil yang tidak bisa distater saat hendak dinyalakan? Hal ini mungkin dikarenakan oleh aki mobil Anda yang sudah soak atau bahkan sudah habis umur pemakaiannya. Hal yang bisa dilakukan untuk masa – masa genting seperti ini adalah dengan cara jumper aki mobil. Namun bagaimana caranya? […]

Tips Mutakhir 7 Cara Menghilangkan Karat di Knalpot!

Knalpot merupakan suatu komponen motor yang paling sering mengalami karat pada kendaraan motor. Karat pada knalpot motor pastinya akan menjadi suatu masalah untuk pengguna motor, karena dapat menimbulkan tampilan motor menjadi jelek dan usang, serta dapat mempengaruhi performa-nya juga. Knalpot sering mengalami karat pada kendaraan adalah karena seringnya terendam oleh air, sering berada dalam kondisi […]