honda civic 2020

Review Mobil Honda Civic Hatchback RS Yang Sporty & Stylish

Akhirnya Honda Civic Hatchback RS 2020 resmi rilis di tanah air kita. Modifikasi yang dilakukan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) juga tergolong minimalis, bukan berarti mengurangi daya pikatnya sebagai sebuah mobil hatchback medium yang stylish.

Mau tau lebih mengenai mobil Honda Civic Hatchback RS yang baru tahun 2020 ini? Mari Simak artikel di bawah ini.

Civic Hatchback RS 2020, Mobil Sporty Elegan Keluaran Honda

Design sporty pada Civic didukung dengan fitur Paddle Shift yang memberikan sensasi racing saat berkendara untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS).

Mekanikal mesin tetap sama. Honda Civic Hatchback RS dibekali mesin bensin 1,5 liter VTEC plus dorongan turbocharger. Hasil pembakaran mesin memberi torsi maksimal 220 Nm di rentang 1.700 – 5.500 rpm. Lalu buncahan daya 173 PS pada 5.500 rpm, inilah tenaga terbesar di kelasnya Honda.

Seluruh output didistribusi via transmisi CVT dan penggerak roda depan. Penggunaan berteknologi Earth Dream ini diklaim memberikan keseimbangan responsif dari putaran rendah hingga tinggi. Selain itu, juga menekan konsumsi bahan bakar semakin irit.

Sejak luncurnya Civic pada tahun 2017 sampai akhir 2019, tercatat sebanyak 5.232 unit Honda Civic Hatchback terjual di Indonesia.

Desain

Bagian depan terlihat desain bumper depan baru. Dahulu cover foglamp tertutup plastik bermotif sarang lebah, Sekarang Honda memberikan inovasi berupa garis mengkurva pada bagian atas foglampnya. Hingga menambah kesan elegan dan sporty pada Honda Civic Hatchback RS ini.

Honda juga menambahkan under spoiler berkelir hitam glossy yang membuat hatchback medium ini terlihat makin sporty dan cantik. Spoiler depan pada Civic ini seakan membentuk splitter (pemisah) angin untuk kebutuhan aerodinamika khas mobil balap.

Bagian samping, kelir velg 17 inch baru. Jika dahulu warna silver dan hitam, sekarang menggunakan kelir abu-abu gelap dikombinasikan warna hitam. Kaca mobil ini telah mengadopsi tipe green tinted glass yang mampu menolak panas meski tanpa dilapisi kaca film.

Bagian belakang, desain bumper belakang baru dengan desain diffuser yang lebih tegas dari model sebelum facelift. Ujung knalpot yang sebelumnya diletakkan pada bumper belakang sebelah kanan, sekarang berganti knalpot ganda yang berada di tengah bawah bumper belakang.

Fitur Civic Hatchback RS 2020

Honda Civic Hatchback RS juga dibekali dengan berbagai fitur canggih untuk kenyamanan di dalam mobil. Civic dibekali enam kantong udara, pretensioner seatbelt dan load limiter yang mengurangi risiko cedera. Tersedia juga rem dengan ABS, EBD, Brake Assist, rem parkir elektrik, auto hold brake, vehicle stability control, hill start assist hingga emergency stop signal.

Warna

Konsumen dapat membeli dengan opsi warna yang beragam, ada briliant sporty blue metallic, modern stell metallic, rallye red, crystal black pearl dan platinum white pearl.

Spesifikasi Honda Civic Hatchback RS 2020

Mesin

– L15B, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + Drive By Wire
– 4 Silinder Segaris, 1,498 cc
– 16 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)
– Direct Injection
– 171,5 Hp (173 Ps) @ 5,500 rpm
– 220 Nm @ 1,700 – 5,500 rpm
– 73,0 mm X 89,5 mm
– CVT berteknologi Earth Dreams, Penggerak Roda Depan
Mesin honda civic 2020

Suspensi

– Rack And Pinion with Electronic Power Steering
– MacPherson Stut & Multi Link
– Ventilated Disc & Disc
– ABS, EBD, BA, Brake Override System
– G-CON + ACE™
– Monokok, C-Segment
– Alloy, 17 Inch
– Yokohama Advan dB, 215/50 R17

Rangka

– 4.501 mm X 2.076 mm X 1.421 mm
– 150 mm
– 5 Pintu
– 2.700 mm
– 47 Liter
– 5 Penumpang

Harga Honda Civic Hatchback RS 2020  (IDR)

Pada Civic Hatchback RS 2020 dengan tipe CVT dibandrol dengan harga ± Rp. 499.000.000,-

Sedangkan Honda Civic Type R M/T dibandrol dengan harga yang lebh mahal yaitu ± Rp. 1.067.600.000,-

Kelebihan

  • Memiliki performa mesin dan akomodasi terbaik
  • Tampilan semakin sporty dan elegan
  • Bagasi luas

Kekurangan

  • Belum ada fitur honda sensing
  • Tidak tersedia sunroof dan pilihan mode berkendara

Itulah review mobil Honda Civic Hatchback RS 2020 dari kami. Ingin punya mobil kelas sporty, ini dia solusinya. Demikian untuk review civic RS 2020 dari kami, silahkan kunjungi website kami untuk review otomotif lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Review Honda Accord

Review Honda Accord: Spesifikasi, Fitur dan Harga yang Terupdate 2020

Sebelumnya kita telah membahas mengenai mobil Honda Jazz RS produk besutan PT Honda Prospect Motor. Honda juga meluncurkan generasi pertama mobil sedan Honda Accord di Indonesia pertama kali pada tahun 1978. Honda juga meluncurkan Accord generasi ke sepuluhnya pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Accord generasi terbaru diluncurkan dengan menghadirkan mobil sedan yang […]

honda city

Honda City 2020: Spesifikasi, Desain, Harga

Honda City merupakan sedan yang bisa dibilang sebagai warisan paling berharga dalam sejarah dunia otomotif di seluruh dunia. Mobil ini bahkan mengukir kesuksesan yang luar biasa di pasar ASEAN. Honda City sebagai mobil favorit bagi para konsumen, telah mendapatkan sentuhan desain facelift dan generasi terbarunya tampil segar di pasar Indonesia. Semua ini  berkat efisiensi bahan […]