Jenis Aki

Aki adalah salah satu komponen yang berperan sebgaai penyimpan arus listrik. Dimana komponen ini biasa digunakan untuk menyalakan sebuah rangkaian kelistrikan ditempat yang tidak ada sumber listrik. Kendaraan ini sebenarnya adalah aki yang hanya digunakan saat menyalakan starter motor maupun semua kelistrikan kendaraan kalian saat mesin mati. Mobil dan motor memiliki sumber energi listrik yang dinamakan alternator. Altenator sendiri berfungsi sebgaai sumber listrik pada kendaraan yang digunakan untuk mengisi ulasng arus listrik pada aki.

Sebelum itu, akan lebih baik jika kita mengerti beberapa daftar jenis aki kendaraan yang perlu kalian ketahui. Sehingga kalian juga mengerti apa yang menjadi perbedaaan dan bisa kalian sesuaikan pada kendaraan yang kalian miliki. Langsung saja simak jenis aki kendaraan terbaik berikut di bawah ini!

Jenis Aki Kendaraan di Tanah Air Indonesia

1. Aki Basah

Aki Basah

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu jenis aki yuang paling banyak dikenal dan populer di negata Indonesia. Dimana aki ini menggunakan bahan cairan elektrolit yang berupa asam sulfat (H2SO4) yang juga disebut dengan air aki. Jenis aki basah sendiri terbilang sebagai salah saki motor terbaik saat ini. Harga yang ditawarkan aki ini juga cenderung murah, sehingga cukup banyak masyarakat yang menggunakan jenis aki satu ini.

Tipe aki ini juga bisa kalian gunakan secara nerulang-ulang dan sulit memperolehnya. Larutan asam sulfat ini juga telah menimbulkan korosi saat terjadinya kebocoran. Ciri aki basah sendiri ialah cover yang berwarna bening agar bisa mengetahui volume air pada aki. Jika ingin menambahkan air aki jangan terlalu banyak, dan lakukan penambahans ampai batas optimal.

2. Aki gel

Aki gel

Selanjutnya adalah salahs atu tipe aki yang berbeda dan cenderung awam di pasaran. Dimana ciri utama aki ini ialah penggunaan cairan elektronik yang berupa gel dan memiliki daya uap yang lebih rendah dan tidak mudah mengalami kebocoran. Aki gel in juga memiliki daya uap yang lebih rendah dan tidak mudah terjadi mkebocoran. Selain itu, aki ini juga telah didesain dengan memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan aki MF biasa.

3. Aki Kalsium

Aki Kalsium

Berikutnya adalah salah satu jenis aki yang berada pada elektroda positif dan juga negatif. Dimana aki ini menggunakan elektroda dari bahan kalsium yang bisa membuat tingkat ketahanan yang tinggi dalam menyimpan arus listrik. Aki ini juga memiliki daya penguapan air aki yang rendah. Tetapi kalian akan sedikit mengalami kesulitas saat menggunakan aki ini pada motor. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya jenis aki ini ditemui pada berbagai bengkel. Untuk harganya sendiri cukup tinggi dan kurang efisien.

4. Aki Kering

Aki Kering

Dan yang terakhi adalah salah satu yangs udah cukup banyak diandalkan pada motor keluaran terbaru. Dimana jenis aki ini ialah aki kering. Aki ini tidak membutuhkan biaya perawata seperti menggunakan aki hybrid ataupun aki basah. Dimana jenis aki ini kalian juga membutuhkan biaya yang sedikit lebih mahal dibandingkan aki basah. Ciri khas aki ini sendiri dilengkapi dengan cover yang berwarna warni dan telah dilengkapi dengan pembeda dari berbagai warnanya.

Nah itu dia 4 jenis aki terbaik yang bisa kalian temukan di Indonesia. Dari jenis aki diatas ini manakan jenis aki yang biasa kalian andalkan pada kendaraan kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *