Berpetualang atau mengerjakan aktivitas ekstrim di alam bebas menerapkan motor trail? Kenapa tak. Apalagi apabila menunggangi salah satu motor trail terbaik di dunia.

Menariknya, selain menjadi motor offroad, motor trail kini juga banyak diterapkan sebagai kendaraan harian.

Seolah gatal berkeinginan memelintir gas, kami sudah memilih tunggangan yang dapat jadi opsi. Sebagian motor trail terbaik kami cermati.

Dan dari sekian banyak opsi yang ada, kami selipkan motor trail murah yang ideal untuk kendaraan harian. Diantaranya milik Kawasaki dan Viar.

Tak terlalu ekstrem tapi cukup powerful melumat medan terjal, termasuk dikala di musim hujan. Tetapi, sebelum memilah dan memilih ada bagusnya Anda Kami bawa untuk memahami kelebihan motor trail dan juga variasi-variasi motor trail.

class=”wp-block-heading”>Kelebihan Motor Trail

Bodi yang ramping memudahkan motor trail dalam bermanuver

Motor trail memang identik dengan petualangan di alam bebas. Karena salah satu kelebihan motor trail sanggup melumat medan terjal dan berbatu.

Tak hanya itu, kelebihan motor trail lain yaitu mempunyai bodi ramping, sehingga lebih luwes bermanuver di beraneka keadaan medan. Termasuk mempunyai ground clearance yang lebih tinggi.

Pun dengan suspensinya, pegas motor trail sendiri terletak di komponen depan dan belakang. Dengan demikian itu, motor trail masih tetap nyaman diterapkan dan dapat meredam getaran ekstrim dikala melintas di trek tak rata.

Mesinnya sendiri dirancang sedemikian rupa dengan tetap memperhatikan durabilitas, power, dan akselerasi, serta tersedia dalam dua varian berbeda, yaitu 2-strokes atau 4-strokes.

Ragam-variasi Motor Trail

Motocross menanggalkan komponen lampu utama, spion, sein

Sejatinya, motor trail sendiri tersedia dalam sebagian variasi yang dapat Anda pilih pantas dengan kebutuhan. Mulai dari dual-sport, motard, enduro, motocross, dan adventure-tourer. Berikut ulasannya :

  1. Motor Trail Dual-sport
    Cocok dengan tipenya, variasi motor trail dual-sport sudah dilengkapi dengan sejumlah instrumen keamanan dan keselamatan berkendara.

Sebagian instrumen tersebut antara lain, speedometer, lampu utama, spion, klakson, sein, knalpot dengan emisi atau gas membuang yang sudah teruji, dudukan plat nomor, kendaraan, dan surat-surat kepemilikan tentunya.

  1. Motor Trail Motard
    Meski untuk variasi motard, dapat dikenali lewat kaki-kaki yang diadopsinya. Motor yang akrab dengan sebutan supermoto ini rata-rata menerapkan ban dan velg untuk trek beraspal.

Selain itu, bagus velg depan ataupun belakang juga mempunyai ukuran yang sama, dimana kebanyakan berdiameter 17 inci.

  1. Motor Trail Enduro
    Hampir sebagian besar mempunyai transmisi sampai 6-percepatan, dan cangkul yang diterapkan juga mempunyai kembang lebih besar.

Motor-motor trail enduro ilegal diterapkan di jalan raya, sebab pabrikan sengaja menghilangkan sejumlah instrumen, seperti lampu sein, stoplamp, dan spion.

  1. Motor Trail Motocross
    Berbeda dengan trail enduro, untuk variasi motocross lebih ekstrim lagi, dimana pabrikan mengusir seluruh instrumen. Motor-motor variasi ini dapat Anda dapatkan dengan gampang di gelanggang balapan atau gelanggang kompetisi.

Trail variasi motocross juga dapat dengan gampang diidentifikasi lewat embel-embel seri yang disematkan, seperti SE atau Special Engine. Makanya tidaklah mengherankan apabila motor dari variasi ini mempunyai tenaga yang sungguh-sungguh powerful.

  1. Motor Trail Adventure-tourer
    Ragam ini dapat Anda kenali lewat kapasitas tangki yang dapat menampung banyak bahan bakar. Ini sebab motor-motor adventure-tourer dirancang sedemikian rupa untuk menjelajahi terjal dan lebatnya hutan serta perjalanan jarak jauh.

Motor variasi ini juga digadang-gadang mempunyai kecakapan offroad yang mumpuni, sebab dapat melumat medan terjal, berbatu, ataupun berlumpur dengan aman dan nyaman.

Nah, buat Anda yang lagi mengidamkan motor trail, parade kuda besi berikut ini cukup pantas untuk dipertimbangkan.

BACA JUGA : Terobosan Terbaru dalam Teknologi Otomotif

Motor Trail Terbaik untuk Off-Road

Di tahun 2021 nanti, sebagian pabrikan sudah menyiapkan motor trail terkini mereka. Tercatat ada sebagian pemain besar di kategori motor off road ini. Berikut daftarnya :

  1. KTM 500XCF-W

KTM termasuk salah satu pabarikan yang cukup serius menggarap motor trail. Diluaran sana, motor trail KTM termasuk diminati.

Untuk varian terkini, mereka sudah menyiapkan KTM 500XCF-W. Menjadi penerus dari seri 500 dual sport, tapi varian terkini ini sudah resmi untuk mengaspal di jalan biasa.

Karena sudah memenuhi seluruh aturan federal dan negara komponen yang mengatur kendaraan off-road. Meski demikian, KTM 500XCF-W ini mempunyai suspensi dan penyetelan mesin yang lebih berorientasi off-road.

Dimana dibekali suspensi belakang PDS dengan fork WP Xplor 48.

  1. Honda CRF450RX

Dari dua variasi motor trail off-road Honda 450, varian RX menjadi yang dapat berkompetisi. Mirip dengan motorcross CRF450R tapi mempunyai suspensi yang lebih lembut dan pengiriman tenaga yang lebih ringan. Menggunakan ini berkat pemetaan EFI yang berbeda.

Motor trail Honda terkini ini juga mempunyai tangki bahan bakar 2,2 galon, roda belakang 18 inci, skid plate dan kickstand. Termasuk eksistensi tiga tingkat kontrol traksi dan tiga maps EFI.

  1. Kawasaki KLX300R

Kawasaki KLX300R dapat menjadi opsi ideal dikala berkeinginan menjelajah dalam jarak yang jauh. Menggunakan yang menarik dari motor off-road four-stroke ini yaitu harganya yang murah.

Untuk fitur-fiturnya sebuah kamera overhead ganda, empat katup, dan gearbox enam kecepatan. Bedanya kali ini dilengkapi dengan bahan bakar injeksi dan memenuhi aturan off-road EPA.

Motor Trail Terbaik Untuk Harian

Berikut daftar motor trail terbaik yang masih tangguh untuk diterapkan di 2021.

  1. Kawasaki D-Tracker X

Mengusung konsep sporty, Kawasaki D-Tracker X dapat dibilang yaitu motor hybrid yang menggabungkan konsep motor urban dengan motor off road.

Motor ini mwmiliki suspensi depan 43mm Inverted Fork Supension dan Suspensi Belakang New Uni-Trak. Untuk tangki bahan bakarnya sendiri motor ini mempunyai kapasitas 7.7 liter.

Kawasaki D-Tracker X dapat menjadi motor offroad yang tangguh untuk Anda yang gemar berpetualang. Tetapi mesin 4-tak berjenis Liquid-cooled, 1-cylinder dengan konfigurasi katup DOHC.

Dengan kasapitas 249cc, mesinnya sanggup mewujudkan tenaga maksimal 18.0 (Kw)/9000rpm dan torsi maksimal 21Nm/7000rpm. Motor trail terbaik ini bahkan termasuk hemat berkat teknologi Fluel Injection.

  1. Kawasaki D-Tracker Standard

    Kawasaki D-Tracker Standard menggabungkan konsep motor urban dengan motor sporty. Di komponen depan motor ini menerapkan satu buah lampu headlamp sebagai lampu utamanya yang selain mewujudkan pencahayaan lebih tajam dan maksimal, lampu ini bahkan juga kian menambahkan kesan lebih garang. suspensi depan 35mm inverted fork dan suspensi belakang Uni-Trak, with 5-way adjustable preload.

Masuk kebagian mesin, sebagai dapur pacunya motor ini menerapkan mesin brutal Air-cooled, 4-stroke Single dengan konfigurasi katup SOHC, 2 valves.

Mesin ini nantinya akan mewujudkan tenaga power full dengan tenaga maksimal 8.6 kW 12 PS / 8,000 rpm dan torsi maksimal 11.3 N.m 1.2 kgf.m / 6,500 rpm.

  1. Kawasaki D-Tracker SE

Kawasaki D-Tracker SE yaitu sebuah motor yang didesain untuk kebutuhan harian tapi mempunyai lekuk layaknya motor trail. jangan salah, apabila Anda lebih memilih menggunakannya untuk kebutuhan adventure seperti motor trail, sungguh-sungguh tentu dapat.

Kawasaki D-Tracker SE motor trail super sport hadir dengan dua buah varian cilinder, 150 cc dan juga 250 cc 4 stroke DOHC. Keduanya diberkahi dengan suspensi yang nyaman untuk harian dan juga medan yang berat sebab sudah menerapkan uni-track 5 way adjustable preload.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *