Airbet
Kemunculan Kembali Mobil Listrik

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini membuat para ilmuwan gencar dalam menciptakan inovasi terbaiknya. Salah satu inovasi yang sedang hangat dibicarakan ialah mobil listrik.

Mobil listrik keluaran tahun 80-an ini sukses dipertengahan tahun 2020. Tesla merupakan produsen yang berhasil mendongkrak kembali kepopuleran mobil listrik ini. CEO Tesla (Elon musk) menyebutkan mobil listrik keluarannya kali ini berjenis crossover atau sedan yang disebut-sebut sebagai penyempurna model keluaran sebelumnya yaitu model 3. Walaupun sebelumnya sempat mengalami kerugian cukup besar, Tesla mampu bangkit dan menjadi urutan teratas untuk mobil listrik dunia. Dan dikabarkan juga dalam akun youtube Tesla, akan mengeluarkan mobil listrik dengan harga ekonomis yaitu sekitar 300 jutaan. Akan dipersiapkan dalam kurun waktu 3 tahu mendatang.

Selain Tesla, Lexus juga sudah mengeluarkan mobil listrik yang mengusung tema creative urban explorer dengan bentuk yang compact dan modern. Brand asal jepang ini meluncurkan mobil listrik ini pada 25 November 2020. Lexus mengeluarkan mobil listrik dengan tipe ux 300e dan dibanderol seharga 1,2 Milyar. Meskipun harganya yang menjulang tinggi, tidak membuat para konsumen mundur untu membelinya. Karena mobil ini menggunakan Battery Electric Vehicle (BEV) atau full electric sehingga sangat efisien. Dan untuk pengisian daya sekitar 5-6 Jam karena sudah dilengkapi dengan fast charge.

Setalah kemunculan mobil listrik dari Tesla dan Lexus yang sempat menyita banyak perhatian masyarakat dunia. Kini produsen mobil asal Jawa Tengah PT. Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) akan mencoba produksi mobil listrik dengan harga yang lebih terjangkau. Esemka diketahui sudah memiliki prototipe dari mobil listrik bernama bima itu dan akan siap diuji. Namun proses tersebut terhambat karna terjadinya pandemi covid-19 ini. Selain itu Esemka bekerja sama dengan PT. Pindad sudah menyiapkan prototipe mobil listrik versi van atau pikap yang disebut digdaya. Namun menurut pejabat humas dari PT. Esemka (Sabar), untuk mobil listrik model pikap ini masih mahal dalam harga pasarnya. Jadi belum bisa dipastikan kapan target produksi tersebut.

Semoga Indonesia juga turut menghasilkan inovasi terbaiknya dan perkembangan teknologi akan lebih jaya dan berdampak baik bagi dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *