Airbet
Kia Sonet

Kia baru saja menghadirkan segmen mobil baru di Indonesia yang mereka sebut dengan subcompact SUV bernama Kia Sonet.

SUV komapk ini bisa dibilang belum memiliki saingan di Indonesia karena competitor sebenarnya adalah Nissan Magnite, Toyota Raizze, dan Daihatsu Rocky.

Namun di Indonesia, Kia Sonet Indonesia mau tidak mau akan dibandingkan dengan Honda HR-V, Suzuki S-Cross, dan Hyundai Kona yang sebenarnya berada di segmen 1 level lebih tinggi.

Kia juga menghadirkan Sonet sebagai compact SUV yang cukup mewah dengan fitur – fitur canggih kekinian.

Mobil ini sepertinya menyasar konsumen muda yang dinamis dan menyukai mobil stylist, modern, dan memiliki banyak fitur fitur hiburan.

Jika dibandingkan dengan Honda HR-V sebagai compact SUV terlaris di Indonesia, Sonet rasanya memiliki value for money yang lebih tinggi berkat fitur – fiturnya.

Nah, untuk kalian yang mungkin ingin membeli mobil ini, tak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana kekurangan dan kelebihannya.

>Review Kia Sonet Terbaru 2021

1.Keunggulan Kia Sonet

Keunggulan Kia Sonet

Untuk harganya yang berkisar antara Rp 193 jt – 289 jt dengan ditur – ditur kekinian yang berlimpah hingga banyak fitur yang sebelumnya hanya ada di mobil – mobil mewah, maka value for money Kia Sonet memang tergolong tinggi.

Kia Sonet harga nya bisa dibilang murah untuk mobil dengan kemewahan serta fitur – fitur yang bahkan lebih baik dibandingkan dengan mobil Jepang bernilai Rp 400 hingga 500 jutaan.

Ukuran bodinya yang kompak juga merupakan kelebihan tersendiri untuk mobil perkotaan. Karena akan lebih lincah di kemacetan atau untuk memasuki jalan – jalan sempit.

Dengan ukuran Panjang x Lebar x Tinggi = 4.120 x 1.790 x 1.615 mm, Kia Sonet tetap memiliki whellbase yang panjang, yaitu 2.500 mm berkat overhang depan dan belakang yang pendek. Hal tersebut membuat Sonet akan lebih lincah menempuh jalanan yang bergelombang atau off-road sekalipun.

Kia Sonet Interior nya cukup menarik karena kalian akan langsung disuguhi oleh pemandangan dashboard, doortrim dan kursi yang mewah dan modern.

Warna interiornya yang hitam dengan sentuhan warna hitam glossy di banyak bagian membuat interior terasa mewah dan elegan. Kursi berpembalut kulit sintetis dan juga beberapa bahan soft juga menambah kesan mewah mobil ini.

Bagian yang paling bercitarasa anak mudah adalah head unit dan cluster meter digital yang tidak lagi mainstream. Ada terlalu banyak bagian yang membuat impresi mewah sehingga menyebabkan orang akan mengabaikan beberapa kekurangan di interiornya.

Eksteriornya juga bisa dibilang memiliki tampilan yang cantik dan stylist sehingga cocok untuk laki – laki maupun perempuan.

Wanita karir atau ibu muda sekalipun akan terasa cocok berada di belakang setor Kia Sonet. Kia juga menghadirkan desain yang berani berbeda dari mobil mainstream seperti pada pillar-C dengan ekstensi plastik gloss yang seolah merupakan bagian dari kaca belakang, serta fascia depan yang cantik namun tidak meninggalkan nuansa gagah SUV.

Mobil ini juga menggunakan sistem infotainment Speaker BOSE yang terintegrasi dengan head unit. 4 Speaker utama dan 2 tweeter mendapat tambahan 1 subwoover lagi di bagasi.

Ada juga tambahan fitur LED ambient-light yang terintegrasi dengan suara dari speaker, sehingga mobil ini bisa jadi seperti ruang karakoke atau diskotik berjalan.

Ada banyak ruang di dalam kabinnya dengan cup holder 8 buah dengan 1 di setiap doortrim, 2 di konsol tengah, dan 2 di armrest baris kedua.

Ada pula glove box, tempat penyimpanan payung kecil di doortrim depan, tempat meletakkan HP di konsol tengah, dan wireless charger berpendingin, consol box, 3 seat pocket, dan lain – lain.

Berbagai fitur canggih juga membuat mobil ini sangat menarik dan berkelas. Fitur keselamatan dan pengendalian yang diberikan juga lengkap dan canggih.

Selain itu, ada pula transmisi CVT yang meningkatkan respon terhadap tekanan pedal gas sehingga disebut Intellegent Variable Transmission (IVT) dimana transmisi ini diklaim tidak lemot namun juga halus seperti CVT pada umumnya.

Sub-compact SUV ini tergolong irit dalam hal konsumsi bahan bakar, yaitu seperti hasil test GridOto di dalam kota konsumsi bbm Kia Sonet mencapai 14,9 km/liter atau bisa dikatakan 15 km/liter.

Sedangkan di rute toll dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Kia Sonet bisa menempuh 20,4 km/liter. Itu adalah angka yang sangat hemat, lebih hemat dari medium hatchback seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz atau Compact SUV seperti Honda HR-V dan Suzuki S-Cross.

2.Kelemahan Kia Sonet

Kelemahan Kia Sonet

Kursi belakang Kia Sonet 2021 tidak bisa dilipat sebagian karena tidak memiliki split kursi misalnya 50:50 atau 60:40 seperti pada mobil – mobil lainnya.

Dengan wheelbase 2500 mm, kabin belakang Kia Sonet tidak tergolong lapang, walau sudah lumayan mencukupi. Namun bagi penumpang yang berpostur 175cm ke atas, akan cukup merasa sempit untuk urusan leg-room.

Kabin belakang lebih cocok diisi 2 penumpang dewasa, di tengah tidak aman bagi penumpang karena tidak ada head-rest dan sabuk pengaman hanya 2 titik.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari KIA Sonet yang bisa dibilang lebih banyak kelebihannya, gimana? Tertarik dengan mobil ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *