Kisah perjalanan Mobil Hummer di Dunia Otomotif

Kisah Mobil Hummer dari Amerika – Mobil Hummer yang Berasal dari Amerika Termasuk Mobil dengan rata rata harga nya yang mahal. Tapi SUV bertubuh besar itu telah tak ada lagi unit barunya, sehingga Anda hanya dapat mencarinya dalam situasi bekas.

Hummer, Anda mengetahui mobil ini? Sekiranya tak, cukup dimaklumi karena merk mobil ini telah cukup lama tak lagi diproduksi dan hadir model barunya. Tapi sesungguhnya tak susah untuk mengenali mobil Hummer, karena sosok mobil ini ukurannya benar-benar kelihatan dibanding mobil-mobil pribadi lainnya yang ada di jalan raya.

Meskipun mulanya dibuat sebagai kendaraan militer, tapi Hummer yang bernaung di bawah bendera General Motors (GM) ini menawarkan pula mobil-mobil untuk masyarakat sipil. Tentunya mobil-mobil Hummer dibuat dengan mempunyai kecakapan utilittas layaknya kendaraan perang.

Lalu bagaiman Kisah perjalanan Mobil Hummer di Dunia Otomotif yang akan di ulas dibawah ini

>Kisah perjalanan Mobil Hummer di Dunia Otomotif

Seperti yang telah disinggung di awal tulisan ini, AM General sebagai perusahaan pembuat Hummer, mulanya memproduksi kendaraan militer untuk keperluan tentara Amerika Serikat (AS) sejak tahun 1980-an dengan nama M998 Humvee. Tapi perusahaan ini berminat juga untuk memasarkan Humvee versi sipil dengan nama merk dagang “Hummer”. Penjualan Hummer bahkan terjadi pertama kali pada tahun 1992.

Masih gunakan desain mobil Humvee yang buat kendaraan militer, ada sebagian perbedaan yang diaplikasikan pada Hummer. Antara lain mengaplikasikan cat mengkilap sementara Humvee mengaplikasikan cat dof, dipasang AC, audio system, aksen kayu pada interior, serta sebagian perangkat penyokong kenyamanan pengemudi dan penumpangnya. Contoh pertama Hummer ini disebut Hummer H1.

Nama Hummer H1 bahkan makin tenar lantaran diaplikasikan artis film pria Arnold Schwarzenegger dalam film Kindergarten Cop di tahun 1990. Malah artis film pria pertandingan bertubuh kekar itu juga membeli satu unit Hummer H1 untuk kendaraan pribadinya selepas cara kerja syuting.

Pada Desember 1999, AM General dibeli oleh GM, tapi raksasa otomotif Amerika itu bersepakat akan meneruskan produk-produk yang telah diproduksi AM General. Maka mobil Hummer selanjutnya bahkan muncul dengan nama H2 dan H3. Sementara Hummer H1 dihentikan produksinya sejak 2006. Tapi berbeda dengan H1 yang mengambil basis Humvee, maka untuk H2 dan H3 mengaplikasikan platform mobil produksi GM, ialah GMT-355 yang juga diaplikasikan pada Chevrolet Colorado dan GMC Canyon.

Dibawah manajemen GM pula nama Hummer berkibar jangka waktu 2006 – 2009. Malah GM sampai mendirikan pabrik perakitan di sebagian negara lain di luar Amerika seperti di Kaliningrad, Russia. Ratusan unit H2 dan H3 bahkan terjual diseluruh dunia tiap tahunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *