Mobil Listrik Toyota bZ4X

Toyota merupakan salah satu brand yang resmi mengenalkan mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) yang bernama bZ4X. Dimana mobil ini ialah jenis SUV terbaru di bawah brand khusus line-up kendaraan listrik, Toyota bZ atau Beyond Zero. Toyota ini merupakan sebuah band yang terkenal dengan mobil yang berteknologi hybrid, dimana jenama asal negara Jepang seiring berjalannya waktu, mulai serius mengalihkan perhatian ke teknologi listrik.

Tidak hanya itu saja, sudah cukup banyak merek yang telah meluncurkan mobil listrik terbarunya. Toyota juga mulai tampil all out untuk menghadirkan produk konsepnya. Toyota bZ4X ini sendiri adalah SUV listrik konsep yang akan diperkenalkan pertama kalinya di Auto Shanghai 2021. Meskipun masih prototipe, kemungkinan besar mobil SUV ini akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat.

Toyota juga telah mengumumkan untuk memproduksi SUV listrik bersama dengan Subaru, platform khusus yang bernama e-TNGA. Pada tanggal 19 April 2021, konsep Toyota bZ4X ini akan memberikan pilihan lain dalam portofolio listrik kami yang sudah sangat kuat. Jalurnya sendiri dibuka oleh model konsep bZ4X, jadi satu hari tujuh anggota BEV yang akan siap berdatangan sampai dengan tahun 2025.

Pengurangan Emisi CO2 ini melalui teknologi elektrifikasi yang bukan lag hal baru bagi brand Toyota ini. Pabrikan asal negara Jepang ini merupakan salah satu jenis pionir kendaraan hybrid massal melalui Prius yang telah eksis sejak akhir tahun 1990-an. Dimana pengembangan mobil listrik justru tidak begitu gencar di saat mayoritas pemain mulai berlari mengarah ke arah sana. Agak terlambat namun lebih baik demikian dibandingkan tidak sama sekali.

Toyota bZ4X ini telah mewujudkan kolaborasi ini, sebuah mobil SUV listrik yang berbasis platform e-TNGA yang merupakan hasil kembangan mobil Toyota dan Subaru. Sinergikan kepiawaian Toyota dalam mengembangkan sebuah teknologi elektrifikasi dan Subaru yang populer hebat dalam berbagai urusan penggerak roda empat. Dimana mobil ini juga telah diklaim mampu merealisasikan performa yang nyaman dan sekaligus nikmat.

Desain komposisi mobil SUV ini juga cukup unik dengan dilengkapi wheelbase panjang dan overhang pendek. Tidak hanya itu saja, guratan tubuh yang sangat nyentrik memberikan nuansa penyeragaman bahasa desain dari RAV4 terutama di profil samping. Kabin yang dimiliki mobil ini juga jauh lebih futuristik dan dirancang dengan mode Drive Module yang memberikan pengemudi hubungan langsung antara jalan dan informasi berkendara.

Panel instrumen yang diposisikan rendah sampai visibilitas ke luar yang terasa lapang. Mobil ini pertama kali datang dengan steering yoke ala kokpit pesawat dengan sistem steer-by-wire. Desain optimistis sendiri merupakan salah satu bagian dari konsep mobil ini. Mengandalkan motor listrik di poros depan dan belakang untuk sajian diferensiasi kapabilitas All-Wheel Drive di segmennya. Tidak hanya kemampuan offroad saja, dimana ia bisa memberikan rasa aman dan bebas khawatir di berbagai kondisi medan jalan yang ada.

Yang menjadi keahlian dari mobil ini adalah dikembangkan teknologi baterai untuk mobil hybrid dan PHEV. Tidak sabar dengan kehadirannya? Yuk tunggu info terbarunya dari kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published.