Airbet
Motor Susah Hidup

Penyebab dan Tips Mengatasi Motor Susah Hidup yang Wajib Kalian Ketahui! – Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang menjadi bagian penting dalam aktifitas hidup kita. Dimana saat ini, hampir seluruh milenial pasti memiliki kendaraan motor, bahkan lebih dari satu motor. Kendaraan motor ini sangat penting digunakna untuk menunjang aktifitas keseharian terutama untuk dapat mempersingkat waktu tempuh dan akan mempermudah kalian selama berpergian.

Oleh sebab itu, untuk dapat menunjang adanya kelancaran didalam aktifitas dengan menggunakan sepeda motor, kalian harus memperhatikan bagaiman kondisi kendaran kalian sendiri. Nah, kali ini kami akan membahas apa saja yang menjadi penyebab motor kalian susah hidup dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut di bawah ini!

Penyebab & Tips Mengatasi Motor Susah Hidup

Sepeda motor yang jarang digunakan dan saat digunakan akan sulit untuk dihidupkan. Bahkan bisa jadi tidak dapat untuk dihidupkan kembali. Oleh sebab itu, pastikan kalian mencari solusi untuk dapat mengatasinya. Motor yang biasanya digunakan sehari-hari, pastinya juga akan mengalami masalah. Adapun beberapa penyebab yang menyebabkan motor sulit hidup, antara lain.

1. Kerenggangan Katup Tidak Tepat

Kerenggangan Katup Tidak Tepat

Jika motor kalian terlalu lama tidak melakukan perawatan, maka kerenggangan pada katup bisa terjadi. Dan kerenggangan pada katup yang tidak tepat ini bisa menyebabkan bahan bakar yang tidak bisa masuk dengan tepat, serta membuat motor ini tidak bisa dihidupkan sama sekali.

2. Bensin Tercampur Dengan Air

Bensin Tercampur Dengan Air

Hal ini bisanya terjadi pada motor yang telah di modifikasi, sama halnya memodifikasi karburator pada motornya yang menghilangkan bagian filter karburator. Padahal filter karburator ini sangat penting, selain gunanya untuk penyaring udara yang kotor dan bisa mencegah adanya air yang masuk ke dalam karburator. Jika hal seperti ini terjadi, air akan masuk ke dalam karburator. Oleh sebab itu, untuk membuang seluruh bahan bakar yang berada di karburator motor.

3. Bahan Bakar yang Dikarburator Tidak Tepat

Bahan Bakar yang Dikarburator Tidak Tepat

Karburator merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencampur bahan bakar dengan udara, masalah tidak tepatnya bahan bakar ini berada pada karburator yang bisa menyebabkan motor sulit untuk dihidupkan. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memutar dan melakukan penyetelan terlebih dahulu pada karburator dengan cara memutar searah jarum jam mentok lalu putar lagi, tetapi berlawanan dengan arah jarum jam kira-kira 1.5 putaran.

4. Kompresi

Kompresi

Penyebab lainnya yang perlu kalian ketahui adalah dengan melakukan pembukaan busi setelah busi terbuka, maka pada libang busi kalian tutup dengan menggunakan jari atau kain. Selanjutnya kunci kontak di posisi “off”. Lalu kalian bisa engkol jika engkol berat kompresi pada dan tidak terjadi sebuah masalah.

Jika kempungkinan kompresi hilang, masukan oli ke lubang busi lalu lubang busi tutup dengan menggunakan jari maupun kain, jika diengkol pada berarti kompresi tidak terjadi masalah.

5. Pengapain (Busi)

Pengapain ( Busi )

Komponen yang sangat penting sekali, karena pada sistem pengapian untuk bisa memercikan bunga api yang dibutuhkan mesin. Jika pada komponen ini tidak terjadi bunga api atau percikan api, maka secara otomatis akan sangat berpengaruh hidupnya sepeda motor tersebut. Cara memeriksanya, yaitu buka busi dan bisa kalian tempelkan pada bodi kepala silinder, serta kunci kontak di posisi on.

Lalu engkol atau kick starter, terjadi percikan bunga api berarti busi tidak terjadi masalah dan pada bagian pengapian tidak terjadi sebuah masalah. Apabila busi ini tidak memercikkan bunga api, berarti pada sistem pengapian bisa terjadi masalah seperti di busi, koil, cdi, dan pulsernya.

Nah itu dia 5 penyebab dan tips mengatasi motor sulit hidup. Untuk kalian yang suka mengalami permasalahan diatas ini, yuk atasi penyebabnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *