slot online joker123 daftar joker123 daftar sbobet poker online

Penyebab & Cara Mengatasi Rem Mobil Bunyi Saat Diinjak

rem mobil bunyi

Rem mobil Bunyi – Sistem rem dalam sebuah kendaraan merupakan salah satu sistem aspek keselamatan kendaraan yang berfungsi untuk menghentikan laju sebuah kendaraan.

Tetapi, terkadang terdengan suara bunyi saat rem mobil diinjak. berdecit lagi saat rem diinjak. Penting bagi kita pengguna mobil untuk mengetahui hal penyebab terjadinya bunyi tersebut. Jika dibiarkan, pastinya akan mengancam para pengendara maupun penumpang pada mobil tersebut.

Bisa saja kemungkinan penyebab rem yang bunyi itu berasal dari komponen pengereman yang bekerja kurang optimal, sehingga daya pengereman pada kendaraan berkurang.

Sebenarnya apa sih penyebab dan cara mengatasi bunyi itu? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Rem Mobil Bunyi Berdecit

Terdengar suara berdecit saat rem mobil diinjak, biasanya berasal dari kampas rem mobil itu sendiri. Yuk, kita cari tahu mengenai penyebab rem mobil bunyi agar tidak terulang lagi, di bawah ini.

1. Habisnya Kampas Rem

Kampas rem berfungsi untuk menghentikan atau memperlambat putaran piringan cakram ataupun tromol pada roda mobil. Semakin banyak kita menggunakan mobil, pastinya kampas rem akan semakin menipis dan cepat habis.

Jika kampas rem habis, maka rem tersebut akan bergesekan secara langsung dengan disk brake, sehingga daya pengereman berkurang dan menimbulkan bunyi pada rem. Jika kampas rem habis, kalian harus cepat mengganti kampas rem yang tipis atau habis dengan kampas rem yang baru.

2. Adanya Kotoran Pada Permukaan Rem

Kotoran yang biasanya menempel pada permukaan rem ialah berupa debu ataupun tanah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan, maka kotoran yang berada pada permukaan mesin antara kampas rem dan cakram akan otomatis menimbulkan bunyi saat kita sedang menginjak rem.

Oleh sebab itu, bersihkan debu yang menempel pada area piringan cakram tersebut, sehingga kampas rem dapat kembali bekerja secara optimal.

3. Adanya Debu Pada Rem Tromol

Tidak semua jenis mobil menggunakan rem cakram pada bagian area depan dan belakang, rata-rata menggunakan rem belakang tromol. Pada rem tromol sering terjadi kemasukan debu atau kotoran.

Hal ini pastinya akan menghalangi kampas rem  saat melakukan pengereman, sehingga mengeluarkan bunyi saatu direm.

4. Kurangnya Pelumas Pada Pedal Rem

Penyebab rem mobil bunyi lainnya diakibatkan karena pedal rem yang kekurangan pelumas, sehingga mengeluarkan bunyi saat rem diinjak. Bahkan suara bunyi rem tidak hanya terdengar dari luar saja, bahkan terdengar suara rem bunyi dari dalam kabin.

5. Terkena Tetesan Oli

Jika piringan cakram terkena oli, maka akan membuat rem kurang pakem karena piringan cakram dan kampas rem yang lebih licin. Tetesan oli pada piringan cakram tersebut, akan menyebabkan rem mobil bunyi saat diinjak.

Oleh sebab itu, terlebih dahulu membersihkan tetesan oli tersebut agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

6. Sistem Transmisi

Untuk kalian yang mengalami masalah rem bunyi pada mobil matic kalian. Hal ini terjadi karena berasal dari sistem transmisi yang tertahan akibat menginjak pedal rem, dan hal ini terhitung wajar dan tidak berbahaya untuk mobil metic.

7. Terkena Percikan Air

Penyebab terakhir terjadinya rem mobil bunyi adalah terkenanya percikan air pada piringan cakram. Untuk penyebab yang satu ini, sobat tidak perlu khawatir karena suara tersebuat akan hilang dengan sendirinya dengan kita melakukan pengereman saat mengendarai mobil.

Cara Mengatasi Rem Bunyi Pada Mobil

Pada umumnya penyebab utama bunyi pada rem adalah kondisi kampas rem. Oleh sebab itu, ada baiknya kita periksa terlebih dahulu kondisi kampas rem mobil. Jika kampas rem menipis dan mau habis, langsung ganti kampas rem dengan yang baru.

Harga kampas rem dibanderol dengan harga tidak sampai 100 ribu rupiah. Tetapi jika kampas rem masih tebal kalian harus membersihkan dengan Brake Cleaner. Cairan ini dapat membersihkan oli dan air yang menempel pada permukaan kampas rem. Hal ini dapat membuat rem kembali bekerja secara optimal.

Selain itu kita juga dapat mengamplas kampas rem agar permukaan kampas rem lebih kasar sehingga tidak menimbulkan sleep dan bunyi saat sedang rem. Kemudian bersihkan juga piringan cakram atau tromol dengan cairan Brake Cleaner agar tidak adanya kotoran dan oli yang menempel.

Itulah penyebab dan solusi mengatasi rem mobil bunyi saat diinjak. Semoga tips otomotif ini dapat bermanfaat bagi sobat otomotif dalam menjaga kondisi mobil agar tetap prima.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>