SEJARAH DAN FAKTA MENARIK SOAL CHEVROLET

SEJARAH DAN FAKTA MENARIK SOAL CHEVROLET – Kalau bicara soal mobil, merek mobil yang satu ini memang tidak boleh ketinggalan. Siapa yang tidak ketahui Chevrolet? Merek mobil yang telah lalu lalang di jagat otomotif selama satu abad terakhir ini memang tidak pernah bosan untuk memuaskan harapan para pecinta mobil dengan mobil-mobil produkannya. Tak cuma inovatif, Chevrolet ini juga rupanya mempunyai sejarah dan fakta-fakta yang cukup menarik selama mengarungi dunia otomotif. Yuk, simak dahulu SEJARAH DAN FAKTA MENARIK SOAL CHEVROLET ulasannya berikut ini.

>SEJARAH DAN FAKTA MENARIK SOAL CHEVROLET

Chevrolet pertama kali didirikan di Amerika Serikat pada tanggal 8 November 1911. Perusahaan mobil ini pertama kali didirikan oleh Louis Chevrolet dan William C. Durant dan kantor pusatnya berada di Detroit, Michigan. Durant yaitu pendiri General Motors, makanya pada tahun 1917, Chevrolet sah menjadi salah satu merek mobil yang berada di bawah naungan General Motors. Uniknya, banyak yang berdaya upaya sekiranya pendiri Chevrolet, Louis Chevrolet, lahir di Amerika Serikat, namun rupanya ia yaitu pria kelahiran Swiss. Sebelum datang ke Amerika Serikat dan menyusun perusahaan mobilnya bersama William C. Durant, Louis Chevrolet yaitu seorang pembalap mobil di negaranya. Â

Kalau kita melihat sekilas, logo Chevrolet yang terpampang di mobil-mobil produkannya mirip dengan tanda tambah. Namun sesungguhnya, rupanya logo hal yang demikian yaitu format dasi kupu-kupu. Kabar mengatakan bahwa William C. Durant terinspirasi untuk membuat logo ini ketika ia melihat desain

wallpaper
yang mirip dengan dasi kupu-kupu di salah satu hotel di Paris. Walaupun cerita ini kedengaran menarik, rupanya cerita aslinya justru lebih sederhana. Istri dari William C. Durant pernah membeberkan di salah satu wawancara di tahun 70an, bahwa Durant menemukan simbol dasi kupu-kupu di salah satu ilustrasi yang ada di koran yang ia baca ketika ia sedang wisata di Virginia. Dan ketika itu, ia sama sekali tidak berada di Paris.

Walaupun perusahaan mobil Chevrolet berdiri di tahun 1911, produksi mobil pertamanya, Chevrolet C Series yang lebih dikenal dengan sebutan “Classic Six” baru mulai disampaikan pada dunia otomotif, lebih-lebih di Detroit pada tahun 1912. Produk mobil pertamanya dipasarkan dengan harga yang cukup fantastis, yaitu USD 2.150.

Sesudah mengecap kesuksesan dengan “Classic Six”, Chevrolet mulai mengenalkan mobil tipe SUV ke pasaran. Rupanya, Chevrolet yaitu perusahaan mobil pertama yang mengenalkan SUV. Di tahun 1935, perusahaan mobil asal Amerika ini meluncurkan SUV asli mereka, yaitu Suburban Carryall. Semenjak itu, Suburban terus menjadi mobil SUV yang bertahan di pasaran otomotif dan menjadi mobil SUV yang paling lama bertahan sepanjang sejarah.

Tak cuma memproduksi mobil dengan skala besar untuk kebutuhan pasar, Chevrolet juga rupanya memproduksi beberapa mobil dengan jumlah unit terbatas. Salah satu mobil Chevrolet yang paling langka yaitu mobil Silverado Intimidator SS yang diproduksi pada tahun 2006. Kendaraan ini cuma diproduksi sebanyak 1.333 unit dan dipasarkan ke semua dunia.

Pembuatan mobil Silverado Intimidator SS dengan jumlah yang terbatas ini rupanya bertujuan untuk memperingati wafatnya salah satu pembalap NASCAR yang sungguh-sungguh tenar, Dale Earnhardt. Dale Earnhardt dikenal meninggal dunia dampak kecelakaan ketika sedang berlomba di balap mobil Daytonia 500 yang diselenggarakan di tahun 2001.

Selama perjalanannya memproduksi mobil, tahun 1950-an bisa dibilang sebagai masa keemasan bagi Chevrolet. Pasalnya, sekitar tahun 1950-an, Chevrolet mengeluarkan salah satu produk mobil yang disebut dengan Chevrolet Bel Air. Produk yang sungguh-sungguh ikonik ini kemudian menjadi produk yang sungguh-sungguh populer di Amerika Utara dan disukai banyak pecinta mobil pada masa itu.

Selain Bel Air, salah satu produk Chevrolet yang sungguh-sungguh ikonik dan masih memperoleh perhatian para pecinta mobil hingga ketika ini yaitu Camaro. Kendaraan yang meraih kembali popularitasnya ketika timbul di film

Transformers
dengan seri Camaro SS sebagai Bumblebee ini rupanya dijadikan untuk bersaing dengan Ford Mustang. Awalnya, nama Panther dipilih untuk mobil ini, namun para desainer kesudahannya sependapat untuk menggunakan nama Camaro. Ada banyak perdebatan di kalangan para pecinta mobil seputar alasan dipilihnya nama Camaro ini. Salah satu kemungkinannya yaitu para desainer menemukan nama Camaro dari bahasa Prancis, yang artinya

comrade
dalam bahasa Inggris, yang mempunyai makna “kawan”. Teori lain mengatakan bahwa nama Camaro diambil dari bahasa Spanyol yang bisa diartikan sebagai udang kecil. Namun, spekulasi-spekulasi yang timbul di kalangan pecinta mobil ini kesudahannya memperoleh jawaban ketika Chevrolet sebagai produsen Camaro memberikan pernyataan berhubungan hal ini. Pihak Chevrolet mengatakan bahwa Camaro yaitu nama dari sebuah binatang kecil dan buas yang memakan Mustang. Wow!

Satu lagi produk mobil dari Chevrolet yang punya prestasi mengejutkan, Chevrolet Cruze. Kendati tidak mempunyai desain yang terlalu mewah atau glamor, kongkritnya Chevrolet Cruze menjadi salah satu produk dengan penjualan tertinggi yang pernah dicatat sejarah Chevrolet. Tak cuma menjadi pemasukan yang besar bagi perusahaan mobil Chevrolet, mobil ini juga masuk ke dalam sepuluh besar mobil yang paling banyak dipasarkan di segmennya di tahun 2017, termasuk dengan model sedannya. Chevrolet Cruze telah terjual sebanyak lebih dari 160.000 unit, dan penjualan ini mengalami peningkatan yang sungguh-sungguh signifikan sekiranya diperbandingkan dengan penjualan di tahun 2016. Sebagian ini cukup luar biasa, mengingat di tahun hal yang demikian penjualan kebanyakan mobil dan beberapa model sedan di perusahaan mobil yang lainnya justru mengalami penurunan.

Informasinya waktu baru-baru ini, General Motors sempat mengeluarkan pernyataan bahwa mobil teranyarnya, Chevrolet Corvette ZR1 yang diproduksi pada tahun 2019 yaitu Chevrolet paling cepat yang pernah diproduksi oleh perusahaan mobil ini. Pabrik Chevrolet membangun supercar ini dengan dilengkapi mesin berkapasitas 6,2 liter yang bisa mewujudkan tenaga hingga 755 hand phone. Mesin ini juga dilengkapi dengan opsi sistem transmisi manual tujuh percepatan atau transmisi otomatis delapan percepatan. Sebagian ini juga menjadi sejarah tersendiri bagi Chevrolet, sebab ini yaitu pertama kalinya seri ZR1 dilengkapi dengan transmisi otomatis. , Corvette ini bisa menempuh kecepatan 210

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *