Sejarah Mobil Ford Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A

Sejarah Mobil Ford Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A – Dikenal sebagai satu diantara pabrikan tertua yang ada di Amerika, terbukti sejarah mobil Ford dimulai dari mobil balap, sampai akhirnya Ford mengharapkan supaya mobil menjadi lebih murah dan dapat dirasakan oleh segala kalangan masyarakat. pada kali ini mimin akan memeberikan seputar fakta Sejarah Mobil Ford Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A dibawah ini

Sejarah Mobil Ford Berawal dari Mobil Sport dan Ford Model A

Ford masih menjadi salah satu pabrikan terpopuler di Amerika sampai dikala ini. Ford T-Series masih menjadi figur gorengan Ford di negara asalnya hal yang demikian. Terbukti, sejarah mobil Ford dimulai dikala Henry Ford mengharapkan kendaraan yang dapat diterapkan oleh masyarakat biasa. Semuanya bermula dari Ford Model A.

>Sejarah mobil Ford Model A

Dikenal sebagai pencinta otomotif, Henry Ford sudah membangun kendaraan bertenaga bensin pertamanya yang disebut Quadricycle di sebuah bengkel di belakang rumahnya pada tahun 1896. Ketika itu, Ford sedang bekerja sebagai Chief Engineer untuk pabrik Edison Illuminating Company di Detroit.

Sesudah dua kali usahanya untuk memulai perusahaan produksi mobil gagal sebelum tahun 1903, Ford akhirnya berhasil mengumpulkan 12 pemegang saham, termasuk dirinya, dan menandatangani surat-surat untuk membentuk Ford Motor Company pada pertengahan Juni 1903. Ford menempati pabrik pertamanya, Ford Mack Avenue Plant, bangunan kayu yang disewa di tempat East Side Detroit.

Di ruang perakitan berukuran 250 x 50 kaki hal yang demikian, Ford mulai memaksimalkan perusahaannya. Ford malah memaksimalkan mobil balap Ford yang mampu mencatatkan 147 km/jam. Keberhasilan ini menunjang Bernley Olfield, pembalap familiar, menjuluki kendaraan hal yang demikian Ford 999 dan berkeliling seantero negeri untuk menyebarkan merek Ford di segala Amerika.

Diinformasikan dari Hemmings, Ford ingin supaya mobil yang diproduksinya dikendarai orang banyak. Lalu, Ford Model A mulai diproduksi. Sejarah mobil Ford Model A ialah komponen dari perkenalan Ford Motor Company sebagai salah satu raksasa otomotif Amerika. Ernest Pfennig, seorang dokter gigi dari Chicago menjadi pemilik pertama Model A tertanggal 23 Juli 1903.

Sebanyak 1.750 unit mobil dibuat selama satu tahun. Mobil berbeban 562 kg ini dijual dengan harga dasar $750 (atau sekitar Rp11 juta). Jarak poros roda tercatat 1.800 mm dan dijual dengan beraneka pilihan pilihan, seperti dua bangku dan pintu belakang seharga Rp100 (sekitar Rp13 juta), atap karet seharga $30 (Rp442 ribu), atau atap kulit seharga $50 (sekitar Rp738 ribu).

Model A mengaplikasikan mesin flat-2 yang dipasang secara horizontal mampu mewujudkan sampai 8 daya kuda dan berkendara dengan kecepatan tertinggi 45 km/jam. Transmisi planetary dilengkapi dengan dua kecepatan maju dan mundur, nantinya menjadi komponen khas Ford yang juga diterapkan pada Ford Model T.

Walaupun Ford mengiklankan Model A sebagai ‘mesin yang paling dapat dipercaya di dunia,” Model A menderita banyak situasi sulit yang biasa terjadi pada kendaraan kala itu, seperti mesin yang kencang panas serta pita transmisi yang sering kali slip. Ford akhirnya memaksimalkan Ford Model B, C, F, K, N, R, dan S. Semuanya terjual sebagian ratus unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *