Sejarah Mobil Subaru

Sejarah Mobil Subaru – Jepang terkenal dengan parbrikan kendaraan roda empat nya juga mobil yang satu ini, Subaru adalah merek kendaraan beroda empat sekalian divisi manufaktur otomotif dari Subaru Corporation. Kantor pusatnya di Ota, Prefektur Gunma, Jepang. berikut sedikit ulasan tentang Sejarah Mobil Subaru yang berawal dari pesawat yang akan kita ulas dibawah ini

>Sejarah Mobil Subaru

Subaru bermula dari Aircraft Research Laboratory yang didirikan tahun 1917 oleh Chikuhei Nakajima. Merek Subaru pertama kali digunakan pada tahun 1955 setelah FHI memasuki industri otomotif dengan produksi kendaraan beroda empat pertamanya berupa sedan Subaru 1500. Fuji Heavy Industries kini bekerja sama dengan Toyota Motor Corporation yang mempunyai 16,5% dari saham FHI.

Subaru adalah nama Jepang untuk gugus bintang di Pleiades di rasi bintang Taurus. Enam bintang yang dapat dipandang dengan mata telanjang di Pleiades dibuat logo Subaru yang melambangkan enam perusahaan yang merger membentuk Fuji Heavy Industries

Sesudah mengundurkan diri dari ketentaraan, Kapten Angkatan Laut Chikuhei Nakajima mendirikan Aircraft Research Laboratory di Ota, Prefektur Gunma pada tahun 1917. Nakajima yang waktu itu berusia 33 tahun bercita-cita memproduksi pesawat terbang sipil.Perusahaan ini mulanya cuma terdiri dari 9 orang. Melainkan pada 1918, mereka berhasil membuat pesawat pertama, sebuah Nakajima Tipe 1 dengan mesin buatan Amerika Serikat yang jatuh setelah lepas landas. Pesawat Tipe 1 nomor dua juga jatuh. Pesawat ketiga berhasil lepas landas dengan selamat, namun jatuh pada ketika mendarat. Pada waktu itu, perusahaan ini dibuat bahan ejekan oleh penduduk setempat, “Uang kertas terlalu banyak, harga beras naik, semuanya naik, yang tak dapat naik cuma pesawat Nakajima.”4 akibatnya selesai pada tahun 1919, dan berhasil terbang melintas di atas Kota Ojima, Prefektur Gunma.

Pada 1919, pemerintah mengadakan pertandingan kecepatan terbang pesawat pos antara Tokyo dan Osaka. Nakajima Tipe memecahkan pertandingan dalam waktu 3 jam 18 menit, dan berhasil menumbangkan pesawat-pesawat buatan luar negeri. Pertandingan ini berhadiah uang 9.500 yen, dan adalah kesempatan bagi Nakajima untuk mendemonstrasikan keunggulan teknologi mereka di hadapan publik.

Pihak militer Jepang melihat kemajuan drastis dalam teknologi pesawat terbang selama Perang Dunia I di Eropa. Sebuah tim spesialis didatangkan ke Jepang dari Prancis, dan Jepang mulai secara serius mempelajari kemungkinan produksi badan pesawat dan mesin pesawat secara lisensi. Nakajima mengirim Kimikei Nakajima ke Prancis untuk mempelajari teknologi pesawat terbang. Pada tahun 1922, Nakajima Tipe B-6 selesai, dan adalah pesawat yang semuanya dibuat dari logam. Modelnya dicontoh dari pesawat pengebom bersayap ganda Breguet 14 buatan Prancis.

Sempat Kehilangan Identitas

Subaru Impreza WRX generasi kedua datang tahun 2000. Kala itu ubahannya cukup radikal dengan contoh lampu depan membulat yang membuatnya dijuluki “Bug Eye”. Pada fase ini, Subaru menerima banyak pro dan kontra. Tak heran generasi kedua hingga dua kali facelift demi mengubah penampilan bagain depan kendaraan beroda empat hal yang demikian.

Walau sebagian menganggapnya aneh, namun prestasinya di arena balap reli konsisten moncer. Pun karena kesuksesan di persaingan internasional inilah Subaru Impreza WRX serta Impreza WRX STi mendarat di benua Amerika pada tahun 2002. Dikala itu Impreza menawarkan dayanya mencapai 300 hp dan cuma datang dangan pilihan transmisi manual enam percepatan.

itulah sedikit penjelasan tentan sejarah mobil subaru parbikan otomotif yang berasal dari jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *