Tepatnya 107 tahun yang lalu, pada 3 November 1911, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif bernama Chevrolet berdiri di Amerika Serikat (AS). Chevrolet memberikan warna berbeda pada industri otomotif.

Chevrolet berasal dari gagasan dua orang yaitu Louis Chevrolet yang yaitu seorang pembalap kendaraan beroda empat asal Swiss dengan William C Durant, seorang pengusaha atau pendiri dari General Motors (GM).

Kedua orang itu mempunyai keinginan untuk mendorong bisnis otomotif baru. Pada 1913, Chevrolet sukses membangun kendaraan beroda empat untuk pertama kalinya. Insinyur dan teknisi dari pabrikan itu sukses mengoptimalkan Seri C Classic Six dengan menghabiskan dana 2.500 dolar AS.

Tempat ini dibangun untuk melemahkan pasaran Ford yang benar-benar berkuasa di AS pada masa – masa itu. Chevy Bowtie, logo Chevrolet yang berbentuk seperti dasi kupu-kupu, disampaikan kali pertama pada 1914 dengan melekat pada seri H dan seri L sampai saat ini kita tau merk Chevrolet dengan beberapa model mobil terbarunya.

Banyak kontroversi mengenai asal-usulan lambang ini. Ada yang mengatakan dari kamar hotel di Perancis, logo perusahaan batubara, dan versi silang dari salib Swiss untuk menghormati Louis Chevrolet. Pada 1916, Chevrolet telah memantapkan dirinya sebagai perusahaan otomotif yang sukses dengan produksi dan penjualan Seri 490.

Kesuksesannya ini mewujudkan Durant dapat membeli sahamnya di GM dan menggabungkan Chevrolet ke GM Company sebagai suatu divisi yang terpisah. Berkembang Pada 1919, Chevrolet mempersembahkan truk ringan pertamanya yang dibangun di atas sasis kendaraan beroda empat.

Logo dari Chevy mulai dibubuhkan pada truk teladan perdana ini. Pabrikan yang bermarkas di Detroit, Michigan itu mulai mengoptimalkan pabrik-pabriknya di berbagai wilayah di Amerika Serikat. Berjenis-jenis teladan truk juga sukses dikembangkan oleh Chevrolet dan memulai memasarkan hasil karyanya ke berbagai belahan dunia. Empat Corvette yang membawa mesin injeksi pertama juga muncul untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan mesin yang lebih bagus pada 1950-an.

Kini, hampir tiap benua terdapat kendaraan beroda empat asal Amerika ini. Chevrolet membikin imbas yang besar kepada industri otomotif. Gampang dikenali dengan desain ramping, modern, dan lambang bowtie emas, Chevrolet yaitu pembuat kendaraan beroda empat berusia lebih dari satu abad.

Chevrolet di Indonesia Perkembangan Chevrolet di Indonesia telah ada semenjak 1920-an. Hal itu dijelaskan dengan adanya diler Chevrolet yang berkembang di wilayah Kediri, Jawa Timur, seperti dijelaskan dalam foto yang sekarang tersimpan di Tropenmuseum, Amsterdam (Belanda).

Nah begitu guys jadi awalnya dunia otomatif itu berawal dari perusahaan yang bernama Chevrolet ya guys bukan BMW ataupun Mercedes, namun memang bisa disebut merekalah yang merajai pasar mobil atau pasar otomotif pada jaman sekarang karena memang produk dari mereka lebih canggih dan tentunya modern, namun yang produk Chevrolet punya juga tak kalah saing ya guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published.