Tips Mengganti Oli Gardan

Tips Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Oli Gardan? Cek Disini – Motor matik memang berbeda dengan sepeda optimal biasa. Apalagi dalam hal perawatan. Untuk membuat kondisi motor tetap optimal, bukan hanya oli mesin saja yang perlu diganti secara rutin namun juga oli transmisinya.

Menurut Asep Suherman, ganti oli gardan minimal tiap 8.000 km atau tiap 4 bulan sekali, tergantung mana yang dicapai lebih dulu.

Oli transmisi atau yang biasa juga disebut dengan oli gardan memang berbeda dengan pelumas pada mesin.

Fungsi oli gardan sendiri khusus untuk melumasi bagian transmisi saja. Walaupun hanya bekerja di bagian transmisinya, namun oli transmisi jika tak diganti secara berkala akan mempengaruhi performa mesin dari motor.

Jika oli transmisi jarang diganti, nantinya akan menjadi lebih cepat kehausan di bagian bearing atau yang biasa disebut bagian laher pada transmisi otomatis skutik itu. Yuk, langsung saja simak tips mengganti oli gardan yang tepat untuk kendaraan kalian.

>Kapan Waktu Terbaik Untuk Mengganti Oli Gardan?

Pemilik skutik seharusnya jangan melupakan jadwal pergantian mesin oli gardan secara periodic. Lebih baik diganti rutin berbarengan dengan oli mesin.

Setidaknya 3 sampai dengan 4 bulan diganti lalu saat kondisi hujan atau banjir bisa diganti lebih cepat dibanding hari biasa.

Penggantian oli gardan jika tidak dilakukan secara berkala akan berefek negative karena merawat penggerak roda dengan cara mengganti oli gardan sama pentingnya seperti mengganti oli mesin.

Jika sudah keluar tanda – tanda seperti muncul suara kasar dan berisik karena gesekan yang terjadi, artinya gigi transmisi otomatis perlu diganti dengan yang baru.

Jika oli mesin memiliki risiko berkurang akibat penguapan, hal ini juga diakui tidak berlaku pada oli garden.

Oli gardan motor seringkali dilupakan oleh pemilik motor. Padahal, jenis oli ini juga harus diganti karena untuk melumasi dan juga melancarkan kinera dari gear ratio yang ada di sistem transmisi otomatis.

Efek yang akan berlaku jika oli ini jarang diganti adalah pastinya akan merusak gear ratio. Kerusakan komponen ini ditandai dengan adanya suara berisik dari dalam boks CVT.

Saat komponen gir transmisi rusak, maka akan timbul suara kasar karena kekentalan oli berkurang dan gesekan juga akan terjadi antar komponen.

Jika sudah seperti ini, tentunya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perbaikan komponen gigi transmisi otomatis.

Sama halnya dengan oli gardan mobil yang berguna saat melakukan pergantuan gigi otomatis agar terasa ringan dan halus.

Kebanyakan orang tidak sadar kapan mereka harus mengganti oli gardan dari kendaraan mereka. Mungkin karena padatnya rutinitas yang dilakukan membuat mereka lupa dengan hal – hal sepele seperti pergantian oli ini.

Bisanya kendaraan membutuhkan pergantian oli gardan setiap 4 hingga 8 bulan sekali, tergantung paa jenis kendaraan itu sendiri.

Ada beberapa kendaraan yang juga mengganti oli mesin gardan selama 3 bulan sekali dan ada juga yang membutuhkan 8 bulan sekali.

Patokan untuk mengganti bukan hanya dari waktu namun juga bisa dari jarak tempuh kendaraan yaitu 8000 km untuk pergantian.

Jika pada waktu dan juga jarak tempuk di atas kalian tidak mengganti oli, maka akan sangat berisiko bagi mesin kendaraan yang kalian gunakan.

Pada kendaraan rida 4, jika oli tak diganti maka akan terdengar suara dengung yang keras dari bawah mobil. Suara ini terjadi karena adanya final gear mesin yang tidak diberikan pelumas dengan baik.

Jika kalian menambah kecepatan, maka suara dengung ini akan semakin keras. Karena itulah, kendaraan kalian membutuhkan pergantian oli yang baru.

Lalu jika kalian sedang berada di jalan menurun lalu mobil tiba – tiba bergetar, artinya oli gardan kalian juga tidak layar. Hal ini dikarenakan topang gardan yang menahan beban mobil tak lagi bekerjaa dengan baik karena pelumasan yang tidak sempurna.

Begitu pula dengan sepeda motor dimana mesin juga akan bergetar dan terdengar kasar jika oli tidak diganti.

Oli gardan memiliki kekentalan hingga SAE 70, khususnya mobil. Seiring dengan penggunaan yang sering, maka oli akan semakin lama semakin encer dan juga terkontaminasi.

Jika hal ini sampai terjadi, maka oli gardan kendaraan kalian sudah pasti tak layak pakai lagi sehingga kalian harus menggantinya dengan yang baru. Di motor matic, oli gardan seharusnya berada pada kekentala SAE 140 atau SAE 90.

Saat mengganti oli gardan dengan yang baru, maka akan langsung terjadi reaksi terhadap mesin kendaraan. Hal ini dapat dibuktikan dari suara mesin mobil dan motor yang terdengar halus.

Proses ini berjalan karena adanya reaksi gesekan antar komponen mesin kendaraan yang menjadi gesekan halus saat terhadi pergantian oli gardan.

Cairan olu ini berfungsi untuk memperhalus gesekan antar komponen mesin yang ada di kendaraan serta melancarkan kinerja transmisi otomatis.

Itulah sedikit tips mengenai waktu mengganti oli gardan yang harus kalian ketahui. Harga oli gardan juga diketahui tidak begitu mahal sehingga jangan malas untuk mengganti ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *