Tips Mudah Merawat Mobil Sendiri

Tips Mudah Merawat Mobil Sendiri >

Tips Mudah Merawat Mobil Sendiri

Melakukan perawatan mobil memang sudah seharusnya dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Selain untuk menjaga agar setiap komponen bisa dengan Tips Mudah Merawat Mobil Sendiri, juga untuk memastikan ada tidaknya bagian yang perlu diganti.

Dalam cara merawat mobil untuk pemula sebaiknya diserahkan kepada yang lebih ahli seperti di bengkel. Tetapi, untuk perawatan yang sederhana pemilik kendaraan pun bisa melakukannya sendiri di rumah dan tidak harus pergi ke bengkel.

Air radiator

Melakukan pengecekan air atau cairan radiator menjadi salah satu cara dalam merawat kendaraan. Seperti diketahui, komponen radiator menjadi perangkat yang sangat vital pada kendaraan roda empat. Jika kondisinya tidak terpantau bisa saja menyebabkan terjadinya overheat hingga kerusakan yang lebih barah. Untuk itu, pengecekan cairan pada komponen ini perlu dilakukan agar kinerjanya tetap sempurna dalam mendinginkan mesin.

“Yang pertama bisa dengan memeriksa ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan (reservoir). Sebab jika kekurangan bisa menyebabkan mesin overheat,” kata Bambang Supriyadi, perawatan mobil berkala pada kepada kami belum lama ini. Jika diketahui cairan kurang, Bambang melanjutkan, pemilik kendaraan bisa menambahkannya hingga sesuai dengan batas yang diperbolehkan.

Air wiper

Perawatan lain yang harus diperhatikan dalam merawat mobil adalah volume air wiper yang ada di dalam tangki cadangan. Meski terkesan sepele, tetapi ketersediaan air pada tabung reservoir wiper ini cukuplah penting, terlebih di musim hujan seperti sekarang ini. Yang mana kadang air hujan bisa menyebabkan kaca menjadi lebih kotor dari biasanya, sehingga dibutuhkan air wiper untuk membantu membersihkannya

Cek volume minyak rem

Keberadaan minyak rem juga menjadi bagian dari perawatan mobil yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk memastikan agar kinerja sistem pengereman tetap optimal, sebaiknya dipastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum. Jika diketahui minyak rem berkurang atau di bawah batas terendah, sebaiknya ditambah agar sesuai.

Kondisi ban

Komponen lain yang perlu diperiksa adalah kondisi fisik ban. Sigit Wahyu Anggoro, Division Head After Sales & Biz Solution CARfix Indonesia,mengatakan, kondisi ban juga berpengaruh terhadap stabilitas kendaraan. Terlebih ketika digunakan untuk melintasi jalan yang kondisinya masih basah atau di bawah guyuran air hujan.

Periksa volume oli

Volume oli juga perlu diperiksa untuk memastikan volume sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan yakni tidak kekurangan atau pun kelebihan. Cara mengecek sisa volume oli pada mesin, pemilik bisa menggunakan dipstick atau stik pengukur volume oli yang ada pada bagian mesin. Melalui stik pengukur oli tersebut, pemilik bisa mengetahui ketinggian pelumas yang tersisa di dalam mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *