Airbet
Toyota calya

Toyota Calya – Mobil ini hadir dari hasil kerjasama antara Toyota dan Daihatsu. Meski mobil ini dibanderol dengan harga murah terjangkau namun mobil ini memiliki beragam spesifikasi dan fitur yang menarik. Mobil LCGC ini menggunakan mesin 3NR yang memiliki kapasitas 1197 cc dengan 4 silinder segaris berteknologi Dual VVT-i.

Mobil Calya ini dibekali berbagai fitur modern pada interiornya, fitur entertainment , fitur keselamatan untuk berkendara. Ditambah dengan desain yang lebih modern mengusung konsep keluarga yang lebih fresh.

Desain

Bagian depan, tampak Toyota Calya mendapat ubahan berupa lampu berteknologi LED yang mampu memberikan pencahayaan maksimal dan efektif. Desain grille Dark Chrome Element yang lebih besar dengan 3 garis, dan disertai logo Toyota.

Mobil ini juga dilengkapi fog lamp dengan sedikit memanjang ke lampu utama Calya, berfungsi sebagai fitur lampu fungsional untuk berkendara di jalanan berkabut.

Bagian samping tampak garis tipis melewati handle door sampai belakang, memang tidak terlalu signifikan pada perubahan desain Calya. Bagian belakang, Calya mengusung stoplamp membentuk siku dengan wiper tunggal sebagai pembersih kaca belakang.

Pada interior Calya dilihat dari dasboard multiplayer yang mengkombinasi warna dark brown and black, sehingga Calya terlihat lebih elegan. Calya juga sudah disediakan head unit pada dasboard tengah yang dilengkapi layar sentuh modern guna. Di samping itu, juga sudah dilengkapi new under seta compartment tray berguna sebagai ruang penyimpanan yang aman.

Kini juga sudah dilengkapi Audio Steering Switch pada sektor pengemudi untuk mempermudah mengatur audio.

Fitur Mobil Calya

Terdapat fitur pengereman yang handal berupa ABS dan EBD menjamin dapat mengontrol pengeremen kendaraan secara maksimal. Dan juga terdapat fitur SRS Airbag berfungsi untuk memberi perlindungan dan meperkecil resiko cedera benturan dari depan. Toyota Calya juga sudah menerapkan Rear Parking Sensor untuk mempermudah pennguna saat parkir mobil.

Menariknya, terdapat fitur canggih yaitu Immobilizer Key untuk mencegah pencurian mobil, dan Isofix sebagai standar internasional untuk pemasangan kursi balita.

Spesifikasi Mobil Toyota Calya

Mesin:

  • 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i, 3NR
  • In-line Cylinder, 1197 cc – 5-Speed Manual / 4-Speed Automatic 
  • Electronic Power Steering (EPS)
  • 36 Liter (Kapasitas Tangki)
  • 88 Ps / 6.000 rpm

Suspensi:

  • MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
  • Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
  • Ventilated Disc / Drum (Tipe Rem)
  • Rack and Pinion (Steering Gear)
  • 175/65R14 Two – Tone Machining Alloy

Dimensi:

  • 4070 x 1655 x 1600 (P x L x T)
  • 2525 (Jarak Poros Roda)
  • 630 x 915 (Jarak Pijak)

Harga Toyota Calya (IDR)

  • Tipe E M/T dibanderol dengan harga ± Rp. 137.400.000,-
  • Tipe G M/T dibanderol dengan harga ± Rp. 146.400.000,-
  • Tipe G A/T dibanderol dengan harga ± Rp. 158.400.000,-

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Toyota Calya 2020

Kelebihan:

1. Memiliki Ruang Kabin yang Cukup Luas

Mobil LCGC tipe MPV ini memiliki kapasitas ruang kabin yang cukup luas, dapat menampung 7 penumpang dalam mobil ini. Toyota Calya ini dapat membuat para penumpang merasa nyaman karena memberikan ruang gerak bebas dan leluasa untuk penumpang.

2. Dilengkapi Fitur Entertainment

Mobil Calya juga difasilitasi berbagai fitur yang menarik seperti audio system, electric mirorr, head unit 4 speaker dengan USB, AUX, Bluetooth Conectivity, MID, dan Eco Mode. Selain itu, terdapat power window di keempat pintu, dan bisa dikendalikan melalui masing-masing pintu dan juga pintu pengemudi.

3. Fitur Keselamatan Canggih

Mobil MPC LCGC ini memiliki dua buah airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi Isofix, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt.

4. Ruang Bagasi yang Luas

Toyota Calya ini memberikan ruang bagasi yang luas, dapat membantu kalian yang ingin menyimpan berbagai perlengkapan yang ingin dibawa saat bertamasya. Kalian juga bisa memperluas ruang bagasi lebih luas lagi dengan melipat kursi area belakang.

5. Harga yang Terjangkau dan Relatif Murah di Kelasnya

Menarik sekali bukan guys? Dan perlu kalian ketahui kalian bisa memiliki Toyota Calya ini dengan berbagai spesifikasi yang unik dan menarik hanya dengan harga Rp. 130.000.000,- sampai Rp. 160.000.000,- saja. Cocok sekali untuk kalian yang menginginkan mobil berfungsional tinggi dengan harga yang terjangkau.

Kekurangan:

1. Bahan Bakar Cukup Mahal

Kelemahan mobil LCGC ini terletak pada jenis BBM yang harus digunakan, Toyota Calya ini perlu menggunakan BBM dengan nilai oktan di atas RON 92, seperti Pertamax, Shell, dan ke atas lainnya.

2. Jok Kurang Nyaman

Jok di ruang kabin kabin Calya ini membuat pengemudi cepat lelah dan capek, apalagi perjalanan jauh.

3. Tenaga Mesin Kecil

Perlu kalian ketahui, tarikan mesin Toyota Calya ini dibekali dengan mesin 1200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS dari 6000 rpm dan torsi maksimal sebesar 109 NM dari 4800 rpm.

Itulah review mengenai mobil Toyota Calya, bagaimana kawan otomotif cukup menarikkan? Kalian bisa cek berbagai review otomotif lengkap lainnya di dalam website kami. Tunggu kabar terbaru lainnya, sampai jumpa, salam otomotif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *